Saham Asia menguat, mengirim indeks acuan siap untuk mengakhiri penurunan terpanjangnya sejak tahun 2002 silam, terkait laporan bank sentral China yang ingin meningkatkan stimulus.

Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,3 persen ke level 144,69 pukul 09:02 pagi di Tokyo, pasca turun untuk hari kesembilannya kemarin sementara saham lapisan kedua melakukan penurunan terpanjangnya sejak Juni 2002 silam. Bank Rakyat China menyediakan 500 miliar yuan ($ 81miliar ) untuk likuiditas ke lima bank terbesar di negara itu untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di China, Sina.com melaporkan kemarin.

PBOC kemarin mulai menyediakan 100 miliar yuan untuk setiap bank melalui kredit fasilitas dengan tenor tiga bulan, menurut situs berita. Bank sentral akan menyelesaikan proses itu hari ini.

Ekspansi industri output China melemah sejak krisis keuangan global, moderasi investasi dan peningkatan penjualan ritel yang ditunjukkan pada data yang dirilis tanggal 13 September kemarin menggarisbawahi risiko perlambatan perekonomian di China. (vck)

Sumber: Bloomberg