Saham Asia menguat pagi ini terkait rilis data barang tahan lama dan kepercayaan konsumen AS yang mendorong optimisme dalam kekuatan ekonomi terbesar di dunia tersebut.

 

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1 persen menjadi 148,44 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham Hong Kong dan China di buka, dengan indeks perdagangan berjarak 1 persen dari level tertinggi enam tahun. Lebih dari $ 1.1 triliun telah ditambahkan ke value ekuitas dunia bulan ini, dengan saham global saat ini bernilai rekor $ 66 triliun. Pesanan untuk barang tahan lama AS melonjak tajam pada bulan Juli yang lalu ke rekor, sementara kepercayaan konsumen Amerika mencapai level tertinggi dalam hampir tujuh tahun.

 

Indeks Topix Jepang naik 0,2 persen dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,1 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,4 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,3 persen.

 

Kontrak pada Indeks Hang Seng di Hong Kong naik 0,2 persen sementara kontrak pada indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan China daratan yang diperdagangkan di kota naik 0,1 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity naik 0,2 persen kemarin ke penutupan tertinggi sejak bulan Mei 2011. Sementara indeks MSCI Emerging Markets naik 0,2 persen kemarin ke penutupan tertinggi dalam tiga tahun.(frk)

 

Sumber : Bloomberg