Saham Asia jatuh mengirim indeks acuan regional menuju penurunan terpanjang sejak tahun 2002, pasca AS output pabrik secara tak terduga turun dan karena Federal Reserve akan memulai pertemuannya selama dua hari.

Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,1 persen ke level 149,93 pukul 09:06 di Tokyo, di jalur penurunan untuk hari kesembilan, terpanjang sejak penurunan pada Juni 2002 lalu. Indeks Topix Jepang turun sebesar 0,2 persen seiring dibuka kembali pasar saham pasca libur umum. Para pembuat kebijakan The Fed memulai pertemuannya hari ini karena mereka ingin menurunkan program pembelian obligasi dan mempertimbangkan kapan harus memulai menaikkan suku bunga acuannya.

Indeks Kospi Korea Selatan naik sebesar 0,1 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia menguat sebesar 0,2 persen, sementara Indeks NZX 50 Selandia Baru turun sebesar 0,3 persen. Sesi pagi di Bursa Efek Hong Kong akan tertunda karena Topan Kalmaegi, menurut sebuah pernyataan di situs kelompok bursa.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 bergerak mendatar hari ini pasca ekuitas acuan turun 0,1 persen kemarin. Saham Internet dan saham lapis kedua mengalami koreksi, mengirimkan indeks Nasdaq Composite mendekati level satu bulan terendahnya, karena investor melakukan aksi jual beberapa saham berkinerja terbaik. (izr)

Sumber: Bloomberg