Saham-saham Asia turun, dengan indeks acuan AS menuju penutupan ke level terendahnya dalam 4 pekan terakhir, pasca melemahnya ekuitas AS akibat kekhawatiran terhadap laju Federal Reserve menaikan tingkat suku bunga.

Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,2 persen ke level 147,45 pukul 09:01 pagi waktu Tokyo. Indeks acuan ekuitas naik sebesar 13 persen dari level terendahnya sejak Februari lalu di tengah tanda-tanda ekonomi AS menguat dan China memperkenalkan stimulus. Indeks Standard & Poor 500 membukukan penurunan terbesarnya dalam sebulan terakhir seiring para investor menimbang prospek untuk kebijakan moneter AS.

Indeks Topix Jepang melemah sebesar 0,3 persen. Indeks Australia S & P / ASX 200 tergelincir sebesar 0,1 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru merosot sebesar 0,2 persen. Pasar di China dan Hong Kong belum dibuka, sedangkan di Korea Selatan ditutup untuk liburan.

Indeks MSCI Asia Pacific ditransaksikan pada 13,7 kali perkiraan laba pada penutupan terakhir, dibandingkan dengan 16,6 kali untuk Indeks S & P 500 dan 15,5 kali untuk Indeks Stoxx 600 Eropa.

Kontrak pada Indeks S & P 500 turun sebesar 0,1 persen hari ini. Indeks acuan ekuitas AS melemah sebesar 0,7 persen kemarin, penurunan terbesarnya sejak 5 Agustus lalu, di tengah kekhawatiran bahwa The Fed akan menaikkan tingkat suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan dan saham Apple Inc memangkas rally sebesar 4,8 persen pasca meluncurkan produk baru iPhone yang lebih besar layarnya. (knc)

Sumber : Bloomberg