Saham AS rally, memangkas penurunan pekan ini, seiring laba yang mengalahkan perkiraan, tingkat kepercayaan konsumen mencapai angka tertinggi dalam tujuh tahun terakhir dan investor berspekulasi bahwa bank sentral akan menambah stimulus ekonomi.

Indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 1,9 persen ke level 1,897.88 pukul 11:54 siang di New York. Indeks telah turun sebesar 0,4 persen pekan ini, menuju kerugian pekan keempat. Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 303,56 poin, atau sebesar 1,9 persen, ke level 16,420.8, penguatan pertamanya dalam tujuh hari terakhir. Sementara itu, indeks Nasdaq Composite naik sebesar 1,8 persen.

Bank Sentral Eropa akan memulai “dalam beberapa hari ke depan” untuk membeli aset dalam program baru untuk mendukung perekonomian, Benoit Coeure, anggota dewan eksekutif, mengatakan hari ini. Presiden Federal Reserve Bank St. Louis James Bullard mengatakan para pembuat kebijakan kemarin harus mempertimbangkan kembali untuk menunda mengakhiri pembelian obligasi bulanan.

Sementara itu, Tingkat kepercayaan konsumen AS secara tak terduga naik pada bulan Oktober ke level tertingginya dalam tujuh tahun terakhir, menunjukkan cerah suasana hati Amerika ‘karena penurunan harga gas dan traksi pada pasar tenaga kerja. The Thomson Reuters/University of Michigan indeks sentimen awal untuk bulan ini meningkat ke level 86,4, level terkuat sejak Juli 2007 lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg