Saham AS memperpanjang rebound, dengan indeks Standard & Poor 500 menguat tejam dalam setahun terakhir, dikarenakan spekulasi European Central Bank (ECB) yang membeli obligasi dan laba perusahaan mengalahkan perkiraan. Sementara itu euro melemah dan emas mencatat gain diantara sektor komoditas.

Indeks S P 500 naik 1,95% pada 16:00 sore di New York, memperpanjang reli empat harinya menjadi 4,2%. Indeks tersebut telah mengalami lonjakan sebesar 6,6% dari level intraday terendah pada Oktober 15. Saham Apple Inc. naik 2,7%, mengirimkan Indeks Nasdaq 100 naik 2,6%. Indeks Stoxx Europe 600 naik 2,1%. Indeks Bloomberg Commodity Spot naik 0,7% karena emas menguat ke level tertinggi lima pekan. Euro turun 0,5% ke level $ 1,2734. Pilihan Indeks Volatility Chicago Board Options Excange (CBOE), atau VIX, memperpanjang penurunannya sebesar 39% dalam empat hari terakhir.

Indeks S&P 500 mencatat gain empat hari ini merupakan yang tertajam sejak Januari lalu terkait laporan laba perusahaan dan spekulasi Federal Reserve yang akan meningkatkan stimulus jika pertumbuhan melambat lebih baik dari estimasi. Aksi jual telah menghapus senilai $ 1.8 triliun nilai ekuitas AS dari 6 September hingga 16 Oktober . Saham Eropa memperpanjang kenaikan hari ini setelah dua analis mengatakan bahwa ECB membeli obligasi tertutup Italia di bawah program pembelian aset. Sementara penjualan rumah AS meningkat pada bulan September ke level tertinggi dalam setahun terakhir.(yds)

Sumber: Bloomberg