Saham Eropa ditutup jatuh ke level terendah lebih dari tiga bulan terakhir karena kekhawatiran mengenai penambahan pasukan Rusia di sepanjang perbatasan di Ukraina, dan laporan data bahwa pesanan pabrik Jerman secara tak terduga turun.

Saham Iliad SA anjlok 5,7% setelah para analis mengatakan bahwa T-Mobile US Inc berencana untuk menolak tawaran perusahaan Perancis untuk membeli saham pengendali sebesar $ 15 milyar. Deutsche Telekom AG, operator telepon AS, turun sebanyak 2,8%. Swiss Re AG tergelincir 3% setelah membukukan laba kuartal kedua turun diluar perkiraan analis.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,9% ke level 329,21 pada sesi penutupan perdagangan, memangkas gain tahun ini menjadi 0,3%. Sejumlah indeks nasional turun di 18 western-European markets hari ini. DAX Jerman dan Inggris FTSE 100 turun 0,7%, sementara CAC 40 Prancis turun 0,6%. Indeks PSI 20 Portugal tergelincir 4,1%.

Ekuitas Eropa naik 0,3% kemarin, rebound dari level penurunan empat harinya, karena perusahaan-perusahaan seperti Credit Agricole SA dan Deutsche Post AG melaporkan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan.(yds)

Sumber: Bloomberg