Saham-saham Eropa sedikit berubah, pasca kenaikan dua hari terbesar sejak April lalu, seiring tanda-tanda kemajuan antara Rusia dan Ukraina terkait data kepercayaan Jerman yang lebih buruk dari yang diperkiraan.

Saham Telecom Italia SpA naik sebesar 3,2 persen setelah saham Brazil Oi SA mengatakan akan membeli saham Tim Participacoes SA sebesar $ 8 miliar, sebuah perusahaan kelompok Telecom Italia. Saham Portugal Telecom SGPS SA, yang bergabung dengan Oi, melonjak sebesar 6,3 persen. Saham Asos Plc rally terbesarnya dalam satu dekade terakhir di tengah spekulasi pengambilalihan. Saham Marine Harvest ASA turun sebesar 2,7 persen setelah membukukan kerugian kuartalan yang tak terduga. Saham Amerika Utilities Group Plc melemah sebesar 1,3 persen setelah analis menurunkan peringkat terbesarnya pada perusahaan air minum publik di Inggris.

Indeks Stoxx Europe 600 naik sebesar 0,1 persen ke level 343,33 pada penutupan perdagangan, yang merupakan level tertingginya dalam sebulan terakhir. Indeks Stoxx Europe 600 menguat sebesar 1,8 persen dalam dua hari terakhir setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengisyaratkan pembuat kebijakan siap untuk menambah stimulus.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan mengadakan pembicaraan positif dengan Ukraina Petro Poroshenko atas ketegangan antara kedua negara tersebut. Lebih dari 2.000 orang tewas di tengah pertempuran antara kelompok separatis pro-Rusia dan pasukan Ukraina. Poroshenko mengatakan bahwa Rusia, Belarus dan Kazakhstan membuat strategi perdamaian di Ukraina.

Indeks kepercayaan konsumen di Jerman melemah menjadi 8,6 pada bulan September dari revisi 8.9 pada bulan Agustus, laporan yang diperkirakan oleh GfK AG. Menurut Para ekonom dalam survei Bloomberg menyerukan pembacaan di angka 8.9. (knc)

Sumber : Bloomberg