PT KONTAK PERKASA – Saham Hong Kong anjlok lebih dari satu persen di bursa pembukaan Kamis setelah pembuat undang-undang AS mengesahkan undang-undang yang mendukung hak Hong Kong dalam langkah yang dikhawatirkan investor dapat membahayakan pembicaraan perdagangan China-AS yang sedang berlangsung.

Indeks Hang Seng turun 1,62 persen, atau 434,40 poin, menjadi 26.455,21.

Benchmark Shanghai Composite Index kehilangan 0,29 persen, atau 8,50 poin, menjadi 2.902,55 dan Shenzhen Composite Index, yang melacak saham di bursa kedua China, turun 0,39 persen, atau 6,44 poin, menjadi 1.628,72.

Senat dengan mudah menyetujui RUU untuk mendukung hak asasi manusia di Hong Kong setelah berbulan-bulan kerusuhan dengan kekerasan di kota Cina semi-otonom.

UU Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong disahkan melalui pemungutan suara Selasa. Sekarang masuk ke DPR, yang sudah melewati undang-undang serupa.

RUU itu akan mengamanatkan sanksi terhadap pejabat Cina dan Hong Kong yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan membutuhkan peninjauan tahunan tentang status perdagangan yang menguntungkan yang diberikan Washington kepada Hong Kong.

Senator Republik Marco Rubio dari Florida mengatakan dalam memperkenalkan RUU itu akan mengirim pesan dukungan kepada orang-orang Hong Kong yang telah memprotes kebebasan dasar dalam menghadapi penindasan pemerintah Cina.

Pemerintah Cina telah berjanji untuk menanggapi tindakan balasan yang tidak ditentukan.

 

PT KONTAK PERKASA