Di satu sisi, Selandia Baru beehive pemilik mengatakan mereka harus memiliki hak eksklusif untuk nama manuka. Di sisi lain, para produsen Australia mengatakan pohon manuka yang memberikan lengket namanya adalah seorang Aussie asli dan madu mereka adalah hanya sebagai super sebagai sepupunya Kiwi.

Madu Manuka adalah favorit selebriti seperti Novak Djokovic dan Kourtney Kardashian. Lebih penting lagi untuk industri madu, produk ini dalam permintaan tinggi di Cina, di mana pembeli kelas menengah curiga terhadap makanan buatan lokal bersedia membayar banyak untuk madu dari negara-negara yang bersih. Selandia baru berbasis Comvita, salah satu produsen utama dunia madu manuka, minggu ini melaporkan keuntungan 15 bulan NZ$ 18,5 juta ($13.5 juta) pada penjualan NZ$ 231 juta, sekitar setengah dari yang pergi ke konsumen Cina.
Bee keepers tend to a Comvita bee hive in New Zealand's North Island. toSource: Comvita Ltd.
Akibatnya, ada banyak uang di saham atas nama manuka. Madu dibuat oleh lebah yang pollenate scoparium Leptospermum, semak-seperti pohon yang pergi dengan banyak nama, termasuk Tea Tree, Damask merah dan Manuka.

Leptospermum scoparium tumbuh di Selandia Baru dan Australia. Sementara berbagai Kiwi mendapatkan sebagian besar dari perhatian, Aussie beekeepers mengatakan madu mereka adalah sah manuka, terlalu. Merek Australia dominan, Capilano madu, menawarkan pada situs web yang menjual tiga jenis manuka-rendah, menengah dan tinggi kekuatan — semua terbuat dari madu manuka Australia murni 100 persen bersumber dari Leptospermum.

Klaim seperti itu membuat marah John Rawcliffe, juru bicara untuk kelompok perdagangan Selandia Baru Asosiasi madu faktor Manuka unik (UMF). Hanya madu yang dihasilkan oleh lebah Kiwi layak manuka moniker, katanya. Rawcliffe’s kelompok peternak lebah, produsen dan eksportir menyumbang sekitar 80 persen dari penjualan madu manuka Selandia Baru.  Konsumen mengharapkan bahwa apakah madu manuka, maka itu berasal dari Selandia Baru,  katanya.  Manuka adalah kata Maori. Kami bertujuan untuk melindungi hal itu”

Manuka layak jenis perlindungan sebagai sampanye atau prestise produk lain yang terkait dengan wilayah tertentu atau negara yang sama, kata Rawcliffe.  Aku bisa mengambil beberapa jagung dan membuat beberapa wiski tetapi saya tidak bisa menyebutnya Skotlandia wiski,  katanya.

Asosiasi Honey UMF tahun lalu mengajukan permohonan dengan pemerintah untuk merek nama, mengatakan langkah  mendasar untuk melindungi produk premium yang diakui secara internasional yang unik ke New Zealand.  Pada tanggal 9 Agustus, Asosiasi disponsori simposium, disebut inilah Manuka, yang menampilkan ilmuwan dari Selandia Baru, Australia, Jepang dan Cina membahas identitas kimia madu manuka benar. PT Kontak Perkasa Futures