Indeks Topix Jepang jatuh untuk hari ketiga pasca melemahnya saham AS seiring saham-saham keuangan memimpin kerugian dan saham SoftBank Corp anjlok.

Saham Bank Kreditur Konsumen, broker, bank dan pengembang catat penurunan terbesar di antara kelompok industri Topix. Saham SoftBank adalah hambatan terbesar pada indeks, jatuh untuk hari kedua di tengah kekhawatiran yang Unit Sprint Corp menghadapi persaingan untuk memperoleh T-Mobile US Inc. Saham Mitsui Chemicals Inc naik sebesar 3,2 persen pasca Goldman Sachs Group Inc menaikkan target harga sahamnya .

Indeks Topix tergelincir sebesar 0,1 persen ke level 1,280.60 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan sekitar sembilan saham naik untuk setiap tujuh yang jatuh. Indeks Nikkei 225 Stock Average bergerak mendatar pada level 15,528.45. Yen menguat di level 102,65 per dolar pasca naik sebesar 0,2 persen pada 1 Agustus lalu. Indeks Standard & Poor 500 merosot sebesar 0,3 persen pada 1 Agustus, membatasi penurunan mingguan menjadi sebesar 2,7 persen.

Kontrak pada S&P 500 naik sebesar 0,3 persen hari ini. Penurunan indeks ekuitas ini pada jumat lalu memperpanjang kerugian mingguan terburuk dalam dua tahun terakhir, karena investor melihat perkembangan di pasar kredit internasional.

Portugal Banco Espirito Santo SA diselamatkan oleh bank sentral Portugal, dengan pemberi pinjaman sebesar â��¬ 4.9 miliar (US$6.6 miliar) dalam sebuah kesepakatan yang akan menjamin simpanan dan meninggalkan sebesar dengan kerugian. Bank kreditur, denga nilai pasar terbesar di negara itu, kembali menyulut kekhawatiran atas situasi kredit Eropa pasca perusahaan induk Portugal Banco Espirito Santo SA gagal dalam melakukan pembayaran hutang dan diperintahkan untuk meningkatkan modal. (izr)

 

Sumber: Bloomberg