Sebagian besar saham Asia menguat seiring penguatan saham Jepang terkait pelemahan yen pasca Federal Reserve menaikkan perkiraan tingkat suku bunganya.

Empat saham menguat untuk setiap satu saham yang jatuh pada indeks MSCI Asia Pacific, yang merosot sebesar 0,2 persen ke level 144,14 pukul 09:08 pagi di Tokyo. Indeks naik sebesar 0,1 persen kemarin untuk mengakhiri sembilan hari penurunan beruntunnya. Indeks Topix Jepang naik sebesar 1 persen karena yen mencapai level terendah dalam enam tahun terakhir terhadap dolar, meningkatkan prospek pendapatan bagi eksportir. The Fed menaikkan sebesar 25 basis poin estimasi rata-rata untuk suku bunga bank sentral akan pada akhir 2015, dengan tetap menjaga komitmen untuk menjaga suku bunga mendekati nol untuk “waktu yang cukup” pasca menutup pembelian obligasi pada oktober mendatang.

Treasuries turun dan saham AS ditutup lebih tinggi karena para investor fokus pada peningkatan proyeksi suku bunga The Fed untuk tahun depan. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 mendatar hari ini pasca mengukur ekuitas naik 0,1 persen kemarin. (izr)

Sumber: Bloomberg