KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Senin (27/8/2018), didorong optimisme seputar kesepakatan antara Amerika Serikat (AS) dan Meksiko tentang NAFTA. Kabar ini menambah sentimen bullish dari pidato Gubernur The Federal Reserve AS Jerome Powell.

Indeks saham Eropa ditutup naik 0,9% dan indeks DAX Jerman menguat 1,2%, masing-masing menyentuh level tertingginya dalam lebih dari dua pekan ditopang reli saham otomotif.

Libur nasional di Inggris menipiskan volume perdagangan di seluruh kawasan itu, tetapi pasar Eropa dibuka menguat setelah Powell pada akhir pekan lalu menegaskan laju kenaikan suku bunga bertahap bank sentral AS tersebut. Sementara itu, Presiden AS Donald Trump pada Senin telah mengisyaratkan bahwa Amerika Serikat dan Meksiko hampir mencapai “kesepakatan yang besar”.

Saham otomotif membukukan performa terbaiknya dalam sebulan dengan kenaikan 2,2%. Produsen mobil Jerman, khususnya, diketahui mengandalkan kelancaran hubungan perdagangan antara Meksiko dan AS untuk menjual kendaraan-kendaraan yang dibuat di pabrik Meksiko ke pasar AS.

“Risiko terbesar yang diperhitungkan pasar adalah perang perdagangan, jadi setiap pengurangan risiko perang perdagangan seperti diskusi NAFTA atau Trump yang mencoba untuk menemukan kesepakatan bilateral, telah mendorong saham AS ke rekor baru dan akan mendukung pasar,” kata Angelo Meda, kepala ekuitas dan manajer portofolio di Banor SIM, seperti dikutip Reuters.

Saham BMW, Volkswagen, Porsche, dan Daimler masing-masing naik antara 2,5% hingga 3%.

Namun, saham produsen mobil listrik AS Tesla yang terdaftar di Jerman turun hampir 4% di bursa Tradegate. Saham Tesla di AS turun sekitar 3,3% setelah CEO Elon Musk membatalkan tawaran untuk membawa perusahaan menjadi private.

Selain saham otomotif, saham Metro melonjak 13,3% setelah Ceconomy mengumumkan kemungkinan bergabung dengan Haniel dalam menjual kepemilikan saham peritel Jerman tersebut ke sebuah kelompok investor yang dipimpin oleh miliarder asal Ceko Daniel Kretinsky.

Adapun saham Lundin Petroleum naik 3,5% setelah Equinor meningkatkan estimasi sumber daya untuk ladang minyak Johan Sverdrup, di mana Lundin memiliki kepemilikan saham sebesar 22,6%.

Meredanya isu tensi perdagangan pasti menjadi sentimen positif untuk Stoxx 600 yang telah turun 1,2% year-to-date akibat perkembangan politik di Italia dan Turki. Kabar baik lain pada Senin adalah kuatnya survei sentimen bisnis Jerman yang menambah tanda-tanda perbaikan prospek zona euro.

KONTAK PERKASA FUTURES