KONTAK PERKASA FUTURES – Membeli emas batangan dari PT Antam, tepatnya unit peleburannya, sekarang menjadi tren investasi emas ketimbang membeli dari toko. Pasalnya, PT Antam secara resmi memang merupakan tempat pembuatan batangan emas dan koin emas dinar yang beredar di Indonesia, sehingga sertifikat dan kodenya pada emas pasti resmi dan asli. Emas dengan logo Antam juga sering lebih dianggap bergengsi ketimbang emas dari toko atau pegadaian, sehingga Anda biasanya mudah menjualnya kembali.

Akan tetapi, belakangan ini juga banyak orang yang bertanya-tanya mengapa membeli emas langsung di unit peleburan Antam malah membuat mereka mengeluarkan uang lebih untuk membayarnya, padahal pembelian emas berukuran sama dari toko emas atau toko yang hanya menjual emas dari Antam dan bukan bagian dari PT Antam sendiri seringkali lebih murah. Akibatnya, ada saja orang yang mulai berpikir bahwa membeli emas dari unit peleburan Antam untuk keperluan investasi emas sebenarnya rugi. Atau, benarkah demikian?

 

Penyebab Harga Emas Antam Tinggi

Jika ada orang yang mengeluh bahwa emas Antam harganya lebih mahal, padahal ia membelinya di unit peleburan, kemungkinan orang tersebut membeli emas Antam yang ukurannya kecil. Memang biasanya emas yang kecil harganya murah, namun bukan begitu kasusnya jika di unit peleburan Antam. Pasalnya, karena itu merupakan tempat dimana emas dibuat, emas yang ukurannya kecil akan mahal karena pembuatannya jauh lebih rumit.

Selain itu, Anda wajib tahu bahwa unit peleburan emas Antam selalu mengumumkan harga emas dua kali yaitu pagi dan sore hari, sehingga harga jual beli emas pagi bisa jadi berbeda dengan harga sore. Jadi, terkadang ada kejadian dimana harga emas berubah, lebih tinggi atau lebih rendah. Sementara itu, harga emas di toko atau pasar disesuaikan dengan harga saat itu saja atau istilahnya real time.

Jadi, lebih baik mana untuk investasi emas, emas Antam asli dari tempat peleburan, emas Antam dari toko atau emas biasa?

 

Emas Antam Asli untuk Harga Jual Lebih Mahal

Logikanya, pilihan terbaik saat ini untuk membeli emas adalah emas yang dibeli langsung dari unit peleburan PT Antam, karena tentu kualitas dan keasliannya tak usah dipertanyakan. Emas berlogo Antam asli juga mudah dijual lagi. Akan tetapi, sebaiknya jika sudah berencana membeli emas di unit peleburan Antam, jangan pelit dengan membeli emas yang berukuran kecil, melainkan sekalian saja yang besar atau agak besar sesuai kemampuan; pokoknya jangan terlalu kecil! Akan tetapi, tentu saja hanya yang di Jakarta saja yang bisa membelinya karena unit peleburan hanya ada di Pulogadung.

Sementara itu, harga emas Antam yang dijual toko bisa bervariasi, bahkan bisa murah. Hal ini karena kadang emas Antam yang diterima dilebur lagi.  Jadi, untuk investasi emas, silahkan saja membeli emas di unit peleburan PT Antam jika ada tinggal di Jakarta dan memiliki modal awal lumayan untuk investasi emas. Hanya, hati-hati saat membawanya pulang atau menyimpannya, karena seandainya emas Anda hilang, emas tersebut bisa dijual oleh siapa saja yang menemukannya (dan, lepas dari fakta bahwa emas itu curian, mereka berhak melakukannya).

Selain itu, yang menentukan apakah emas Anda akan berharga jual lebih murah atau mahal adalah kualitasnya, cara dan waktu Anda menjualnya serta dimana Anda menjualnya. Jangan lupa juga untuk menyimpan emas dengan baik, entah itu disimpan di bank atau pegadaian. Dengan memilih metode investasi emas yang baik secara keseluruhan, sebenarnya tak begitu bermasalah apakah Anda membeli di PT ANtam atau bukan.