Saham Jepang naik, dengan indeks Topix menguat untuk hari ketujuh, setelah yen melemah di tengah tanda-tanda meredanya ketegangan geopolitik.

 

Saham Skymark Airlines Inc. melonjak 28 terkait laporan AirAsia sedang mempertimbangkan tawaran untuk perusahaan carrier tersebut, yang mengatakan beresiko akan keluar dari bisnis. Saham Daikin Industries Ltd., perusahaan pembuat AC, menambahkan 4,5 persen setelah rating perusahaan tersebut dinaikan oleh Credit Suisse Group AG. Saham Kansai Electric Power Co. naik 2,6 persen terkait laporan utilitas akan berlaku untuk peningkatan power-rate pada awal musim gugur ini.

 

Indeks Topix naik 0,6 persen menjadi 1,279.33 pada istirahat perdagangan di Tokyo, menuju penutupan tertinggi sejak 1 Agustus. Semua kecuali lima dari 33 kelompok industri menguat. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,9 persen menjadi 15,462.58. Yen tergelincir 0,1 persen menjadi 102,62 per dolar setelah turun 0,2 persen kemarin.

 

Indeks Topix rebound 12 persen dari level terendah tahun ini pada tanggal 14 April sampai kemarin di tengah optimisme tentang ekonomi global dan spekulasi dana pensiunan Pemerintah Jepang sebesar $ 1.2 miliar akan membeli lebih banyak saham dalam negeri. Masing-masing investor membeli net 451 miliar yen ($ 4,4 miliar) saham Jepang dalam seminggu hingga 8 Agustus, pembelian terbesar sejak periode yang berakhir pada 11 April menurut data dari Bursa Efek Tokyo.(frk)

 

Sumber : Bloomberg