PT Kontak Perkasa Futures – Perempuan Bonobo adalah sekelompok feisty. Mereka memiliki peran dominan, status tinggi dalam masyarakat bonobo, dalam kontras dengan peran lebih marjinal yang perempuan bermain dalam kelompok simpanse.

Mungkin karena itu tidak mengejutkan Anda untuk menemukan bahwa wanita Bonobo menunjukkan tingkat yang lebih tinggi iritabilitas daripada laki-laki Bonobo, yang pada gilirannya lebih pendiam.

Ini adalah di antara temuan-temuan dari tes kepribadian rinci pada Bonobo. Ini adalah pertama kalinya pengujian seperti yang telah dilakukan di alam liar.

Bonobo adalah kami sepupu kurang terkenal di kerajaan binatang. Bersama dengan simpanse, mereka adalah keluarga terdekat kami.

Mereka berbagi banyak kesamaan dengan simpanse dan dianggap spesies yang sama, yang dikenal sebagai “simpanse kerdil”.

Kita sekarang tahu ini masih jauh dari kasus. Sementara simpanse cenderung menjadi lebih agresif dan manipulatif, Bonobo jauh lebih lembut. Bahkan mereka begitu lembut mereka sering mengungkapkan kasih sayang mereka terhadap banyak anggota kelompok dengan seks, jabat tangan disebut bonobo.

 PT Kontak Perkasa Futures

Dalam wawasan terbaru, diterbitkan dalam jurnal Amerika Primatology, peneliti mengintip ke dalam perilaku sekelompok 16 Bonobo liar dari cadangan ilmiah Luo di Republik Demokratik Kongo.

Untuk melakukannya, pelacak Kongo-bersama dengan para peneliti Jepang field-diamati Bonobo selama enam bulan dan peringkat mereka menggunakan “Kuesioner kepribadian Meganthropus”.

Tes ini menggoda keluar ciri-ciri perilaku seperti lekas marah, iri hati, dan kasih sayang tingkat.

Tim menemukan bahwa lima faktor mendominasi analisis sifat mereka, yang mereka dikelompokkan menjadi beberapa kategori berikut: Unemotionality, keramahan, agresivitas, lekas marah, dan aktivitas.

Beberapa temuan diharapkan. Sebagai contoh, bonobo kepribadian yang berbeda dari kepribadian simpanse yang telah dipelajari sebelumnya.

Bersama dengan fakta bahwa laki-laki Bonobo lebih pendiam daripada perempuan, mereka juga menemukan bahwa Bonobo remaja yang kurang ramah dan lebih agresif daripada anak-anak.

” Perbedaan jenis kelamin ini berbeda dari orang-orang dari simpanse dengan cara yang mencerminkan perbedaan dalam sistem sosial spesies,”menjelaskan penulis utama Cintia Garai Lukuru Wildlife Research Foundation di Republik Demokratik Kongo.
Apa yang lebih mengejutkan adalah bahwa ada tidak ada perbedaan jenis kelamin dalam agresivitas antara perempuan dan laki-laki.

Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa masyarakat bonobo kurang hirarkis dibandingkan dengan simpanse, mengatakan Garai. Persamaan ini juga bisa mengaktifkan Bonobo lebih mengekspresikan kepribadian mereka beragam, dia menambahkan.

” Yang kurang ketat sosial budaya, semakin banyak ruang yang kami berikan untuk kepribadian bukan peran sosial.”

Simpanse sangat berbeda. Dalam masyarakat simpanse adalah laki-laki yang bertindak dengan kebanyakan agresi. Mereka bahkan dikenal untuk sengaja membunuh anggota lain dari kelompok mereka.

Lain penemuan yang mengejutkan adalah kurangnya sifat neurotik di Bonobo, meskipun ini banyak ditemukan di jenis kera baru lainnya. Selain itu, ada tidak ada jejak dominasi atau keterbukaan, yang keduanya hadir dalam simpanse.

Meskipun Temuan ini tidak mungkin untuk memberitahu kami apa-apa tentang perilaku manusia seperti, hasil memberi kita lebih banyak petunjuk dalam upaya kita untuk memahami perubahan perilaku yang terjadi sepanjang jalan berantakan evolusi yang menyebabkan kita.

Primatologists sering terlihat untuk simpanse memberi kita wawasan besar terakhir nenek moyang kita dengan simpanse dan Bonobo, yang diyakini telah ada lebih dari enam juta tahun yang lalu.

Namun Bonobo spesies yang sama pentingnya untuk mempertimbangkan jika kita ingin memahami nenek moyang kita terakhir. Mereka yang sering diabaikan di masa lalu, sebagian karena ada Bonobo jauh lebih sedikit daripada simpanse, yang membuat mereka lebih sulit untuk mempelajari.

Banyak peneliti karena tertarik untuk menekankan bahwa perbedaan mencolok antara perilaku bonobo dan simpanse harus mengubah pemahaman kita tentang beberapa sifat-sifat manusia yang pernah dianggap sebagai bawaan, seperti laki-laki agresi dan dominasi.

Kita tidak lagi dapat melihat tingkat agresi simpanse dan menyarankan bahwa perilaku ini di-dibangun pada manusia juga. – PT Kontak Perkasa Futures