Kontak Perkasa Futures – Inflasi China melambat di sektor produsen dan konsumen bulan lalu, yang seharusnya memberi bank sentral lebih banyak ruang untuk merangsang perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Indeks harga produsen naik 0,1% pada Januari, melambat dari kenaikan 0,9% pada Desember, Biro Statistik Nasional mengatakan Jumat.

 

Kontak Perkasa Futures : Inflasi China Merambat Di Sektor Produsen

Angka Januari untuk harga gerbang pabrik adalah yang paling lambat sejak September 2016, ketika juga naik tipis 0,1% satu tahun. Inflasi untuk produsen cocok dengan perkiraan median oleh para ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal.

Harga bahan baku turun 0,1% bulan lalu, dibandingkan dengan kenaikan 1,0% pada Desember, sementara harga produk konsumen naik 0,6% pada Januari, dibandingkan dengan pertumbuhan 0,7% Desember, kata Dong Yaxiu, seorang analis dengan biro statistik.

PPI turun 0,6% di Januari dari sebulan sebelumnya. Pada bulan Desember, ia turun 1,0% dari bulan sebelumnya.

Indeks harga konsumen China naik 1,7% pada Januari dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan kenaikan 1,9% pada Desember, kata biro itu. Kenaikan Januari adalah yang paling lambat dalam 12 bulan.

Harga makanan naik 1,9% dari tahun sebelumnya, melambat dari pertumbuhan 2,5% di bulan Desember. Harga non-pangan naik 1,7% dari tahun sebelumnya, sama dengan kenaikan bulan Desember.

Angka inflasi utama sedikit lebih rendah dari perkiraan median kenaikan 1,8% oleh para ekonom yang disurvei dalam survei.

Pada basis bulan ke bulan, CPI naik 0,5% di Januari. Pada bulan Desember, indeks tidak berubah dari bulan sebelumnya.

 

news edited by Kontak Perkasa Futures