PT Kontak Perkasa – sebagai Li Ka-shing mempersiapkan untuk mengubah 88 pada bulan Juli, ia mengambil waktu untuk merenungkan Kekaisaran $80 miliar dia dibangun dan bagaimana hal itu akan bertahan tanpa dia.

Saya bisa pensiun hari jika saya ingin, dalam lima menit atau setiap kali, Li mengatakan dalam sebuah wawancara langka dengan Bloomberg Television, menekankan bahwa anaknya, Victor, 51, telah bekerja bersama dia selama 30 tahun dan mengurus usahanya full-time selama beberapa, bahkan tanpa tanggal perusahaan mengambil mantel ayahnya sebagai Ketua. Kami akan melakukan apa yang kita lakukan sekarang.

Dikenal di Hong Kong sebagai “Superman” karena kehebatannya Bisnis, Li telah membangun salah satu konglomerat paling berpengaruh di Asia yang mempekerjakan sekitar 300.000 orang di 52 negara — dan salah satu kekayaan pribadi terbesar, dihargai oleh Bloomberg miliarder indeks di sekitar $27 miliar. Ia mengembangkan perusahaan solid, jika stolid, yang mencapai segala sesuatu dari rumah, supermarket, toko obat dan ponsel, ke gedung perkantoran dan bahkan energi yang kekuasaan mereka.

Li Ka-shing adalah salah satu pengusaha yang langka naluri komersial yang mendekati jenius, Chris Patten, Gubernur kolonial terakhir Hong Kong, menulis dalam menanggapi pertanyaan e-mail. Ia juga telah berhasil membangun sebuah perusahaan global yang serius yang akan melanjutkan warisan usaha, meskipun tidak dapat menggantikan naluri kewirausahaan.

Bahkan sebagai investasi nya mendapatkan usang dengan kejatuhan U.K. referendum — kekacauan dia meramalkan — Li tetap ikon kapitalisme Asia modern dan menjadi inspirasi bagi banyak berharap untuk merebut kesempatan dan bekerja keras untuk membuat makmur. Nya 14 perusahaan terdaftar, termasuk CK Hutchison Holdings, Cheung Kong properti Holdings Ltd, Hutchison Port Holdings dan Kanada Husky Energy, memiliki pendapatan gabungan sebesar $80 miliar pada tahun 2015.

Nya ketekunan dalam memiliki disiplin dan rajin hidup adalah apa yang membedakan dirinya dari temannya, kata Christine Chow, persekutukan Direktur manajemen investasi Hermes di London dan asisten profesor keuangan Hong Kong Universitas Sains dan teknologi. Dia telah meyakinkan kita bahwa kita, juga, dapat menciptakan keajaiban jika kita menempatkan upaya dalam apa yang kita inginkan, dan bahwa kita harus memiliki ambisi global.

Li juga melambangkan ketidaksetaraan kekayaan di sebuah kota yang dikenal memiliki perumahan swasta paling terjangkau di dunia dan mana bisnis didominasi oleh beberapa keluarga. Dalam wawancara, dia menyerukan untuk pajak perusahaan yang lebih tinggi untuk membantu mengatasi ketidaksetaraan kekayaan.

Pajak perusahaan ekstra 1 atau 2 persen, maka banyak orang miskin akan mendapat manfaat, katanya.

Li juga telah mendukung berdirinya sebuah kekaisaran kedua untuk lain anaknya, Richard, 49, yang dibangun PCCW Ltd ke Hong Kong televisi kabel, Internet dan telepon darat pemimpin pasar, bersama dengan anak perusahaan telekomunikasi HKT percaya & HKT Ltd, dan Pacific Century Premium perkembangan, yang dibangun Cyberport Hong Kong. Mereka memiliki nilai pasar gabungan dari $16.2 miliar.

Li adalah juga salah satu yang pertama di wilayah ini untuk janji sebagian besar — ketiga — hartanya untuk upaya filantropis, langkah yang dia mengatakan dia berharap orang lain antara jajaran berkembang Asia miliarder akan mengikuti. Sejak tahun 1980, ia telah menyumbangkan HK$ 20 miliar ($2,6 miliar) untuk berbagai penyebab melalui Yayasan: membangun rumah sakit; pendanaan Universitas termasuk satu di Shantou di dekat kota kelahirannya di Provinsi Guangdong; dan membangun sebuah biara Buddha di Hong Kong yang menjulang tinggi 250 (76-meter) patung Dewi Guanyin (Goddess of Mercy) dapat dilihat untuk mil. – PT Kontak Perkasa Futures