Jepang Nikkei 225 Stock Average (NKY) menuju kenaikan beruntun terpanjang dalam 26 tahun di tengah optimisme bahwa bank sentral AS akan terus mendukung penguatan ekonomi.

Indeks Nikkei 225 naik 0,1 persen ke level 15,598.71 pada istirahat perdagangan di Tokyo, siap untuk reli 10-hari, bentangan gain terpanjang sejak Februari 1988.Indeks tersebut secara singkatmenghapuskenaikan dalam lima menit terakhirpada sesi perdagangan pagi. Indeks Topix turun kurang dari 0,1 persen ke level 1,290.57 setelah naik sebanyak 0,4 persen. Ketua Federal Reserve Janet Yellen akan berbicara hari ini di sebuah pertemuan para bankir sentral global di Jackson Hole, Wyoming.

Indeks Topix diatur untuk kenaikan 1,6 persen dalam minggu ini dan kurang dari 1 persen dari menghapusanpenurunan tahun ini. Indeks tersebut naikdalam delapan dari sembilan hari terakhir perdagangan terkait meredanya risiko geopolitik dan di tengah optimisme bank sentral akan mempertahankan langkah-langkah stimulus dalam mendukung pertumbuhan. Yen siap untuk penurunan 1,4 persen terhadap dolar minggu ini.(frk)

Sumber: Bloomberg