Indeks Topix Jepang rebound dari penurunan tertajamnya sejak bulan Mei lalu, pasca laporan dana pensiun jepang dapat membebaskan untuk membeli lebih banyak saham domestik dan para investor mempertimbangkan risiko geopolitik di Timur Tengah dan Ukraina.

Saham Mitsui Mining & Smelting Co naik ke level tertingginya di Nikkei 225 Stock Average pasca meningkatkan prediksi labanya di atas perkiraan analis. Perusahaan pembiayaan Kredit Konsumen Saison Co naik sebewsar 4,9 persen pada lonjakan laba bersih. Saham Sumco Corp turun sebesar 9 persen pasca perkiraan laba bersih pembuat silicon wafer ini diluar perkiraan.

Indeks Topix naik sebesar 1,8 persen ke level 1,250.15 pada sesi istirahat di Tokyo, Indeks Topix bersiap untuk peningkatan tertingginya sejak 16April lalu, dengan semua 33 kelompok industri maju. Saham acuan turun sebesar 2,4 persen pada hari jumat kemarin, menjadi penurunan terbesar sejak 7 Meilalu. Nikkei 225 naik sebesar 2,2 persen pada hari ini ke level 15,107.45. Investasi dana pensiun pemerintah senilai $1.2 trilyun untuk sementara menghapus sumbatan dalam investasi saham-saham lokal, surat kabar Nikkei melaporkan. Saham AS naik pada hari jumat kemarin di tengah tanda-tanda meredanya ketegangan di Ukraina. (vck)

Sumber: Bloomberg