PT Kontak Perkasa – keterlibatan Inggris dalam invasi ke Irak yang dipimpin AS adalah sebuah kegagalan, dilakukan sebelum pilihan damai telah habis dan berdasarkan kecerdasan yang dibuat berlebihan, penyelidikan resmi menyimpulkan.

Penyelidikan yang menuju kepada perang, pelaksanaan, dan akibatnya sangat kritis Menteri pemerintah, intelijen, dan militer. Tapi dampak terbesar dari laporan, Rabu diterbitkan oleh mantan pegawai negeri sipil John Chilcot, akan reputasi dari mantan Perdana Menteri Tony Blair, orang yang bertanggungjawab atas keterlibatan Inggris.

Inggris memilih untuk bergabung dengan invasi ke Irak sebelum pilihan damai untuk pelucutan senjata telah habis,Chilcot kepada wartawan ketika ia mengumumkan hasil penyelidikan tujuh tahun nya. Aksi militer pada waktu itu adalah tidak terakhir.

Penilaian tentang bahaya Irak senjata pemusnah massal yang disajikan dengan kepastian yang tidak dibenarkan oleh kecerdasan mendasari, kata Chilcot. Konsekuensi dari invasi itu diremehkan, berencana untuk membangun kembali Irak adalah “sepenuhnya memadai dan pemerintah Inggris gagal mencapai tujuannya dinyatakan, katanya.

Keputusan untuk bergabung dengan invasi 2003 telah tergantung di atas Inggris sejak. Pada waktu itu, oposisi terhadap perang mengakibatkan terbesar yang pernah berbaris melalui London, dengan perkiraan sekitar satu juta orang mengambil bagian. Di Parlemen, seperempat dari Partai Buruh Blair memilih menentangnya. Selanjutnya pemimpin buruh telah dipilih sebagian berdasarkan apakah mereka mendukung aksi dan Partai pemimpin saat ini, Jeremy Corbyn, adalah lawan yang sengit dari perang.
Kelima permintaan

Chilcot’s permintaan adalah kelima ke peran Inggris dalam perang, dan yang paling lengkap. Penelitian sebelumnya telah melihat kegagalan intelijen dan keadaan di sekitar kematian seorang ilmuwan Inggris senjata, David Kelly. Semua telah kritis Blair.

Dalam memoarnya 2010, Blair bersikeras invasi telah kursus yang tepat, bahkan mempertimbangkan mimpi buruk yang membuka di Irak.
Laporan risiko pendalaman divisi di tenaga kerja pada waktu Kapan Corbyn berjuang panggilan dari pembuat undang-undang sendiri untuk mengundurkan diri. Corbyn klaim konflik itu ilegal dan telah pergi sejauh untuk menyarankan bahwa Blair bisa diadili untuk kejahatan perang.

Chilcot kata pertanyaan apakah tindakan militer adalah hukum adalah salah satu untuk pengadilan internasional, daripada laporannya.Kami Namun, memiliki, menyimpulkan bahwa keadaan di mana diputuskan bahwa ada dasar hukum untuk aksi militer U.K. itu jauh dari memuaskan,katanya.
Sofa pemerintah

laporan menunjukkan bagaimana Blair gaya bekerja, dikenal sebagai sofa pemerintah, dimaksudkan keputusan untuk Britania untuk bergabung dengan invasi berlangsung dengan beberapa pertemuan formal atau diskusi.

Pada Maret 2003, atas permintaan dari Peter Goldsmith, Jaksa Agung, Blair mengatakan Irak telah melakukan lebih lanjut materi pelanggaran kewajibannya. Dasar tepat di mana Mr Blair membuat keputusan itu tidak jelas, kata Chilcot. Ia dikutip sebagai salah satu beberapa kesempatan” ketika masalah harus telah resmi dibahas oleh kabinet. PT Kontak Perkasa