Indeks Topix Jepang turun untuk hari kelima, pasca saham AS turun ke level terendahnya dalam dua bulan terakhir di tengah meningkatnya ketegangan di Ukraina dan seiring saham SoftBank Corp turun.

Indeks Topix turun sebesar 0,3 persen ke level 1,259.28 pukul 09:02 di Tokyo, empat saham dari 33 sub industri turun. Empat saham tersebut turun sebesar 1 persen kemarin menjadi penurunan tertajamnya sejak 16 Mei lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,5 persen hari ini ke level 15,256.55. Yen stagnan untuk hari ketiga di level 102,58 per dolar.

Indeks berjangka Standard & Poor 500 naik sebesar 0,1 persen. Saham tersebut turun sebesar 1 persen menjadi level terendahnya sejak 29 Mei pada penutupan kemarin.

Presiden Vladimir Putin memerintahkan respon terhadap sanksi AS dan Eropa terkait Polandia memperingatkan penumpukan baru dari pasukan Rusia di perbatasan Ukraina kemungkinan dapat meningkatkan invasi. Pemerintah Ukraina menyatakan tanda bahaya tentang penyebaran pasukan baru di perbatasan terkait serangan terhadap separatis pro-Rusia.

Sementara Saham SoftBank turun sebesar 2,4 persen ke level 7.042 yen. Unit Sprint Corp telah mengakhiri pembicaraan untuk mengakuisisi saham T-Mobile US Inc, seseorang dengan pengetahuan tentang masalah ini mengatakan, terkait kekhawatiran pada peraturan melebihi manfaat potensi keuntungan dari kesepakatan. (vck)

Sumber: Bloomberg