Saham-saham Jepang naik, setelah indeks Topix membukukan penurunan mingguan terbesar sejak bulan April, pasca eksportir naik terhadap pelemahan yen dan saham SoftBank Corp. melonjak.

 

Saham Sumitomo Dainippon Pharma Co. melonjak 4 persen untuk memimpin keuntungan di Nikkei 225 Stock Average. Saham SoftBank naik 1,6 persen setelah adanya laporan bahwa operator nirkabel telah mencapai kesepakatan untuk membeli T-Mobile US Inc. Saham Toyota Motor Corp. memberikan dorongan terbesar bagi indeks Topix. Saham Minebea Co. naik 1,9 persen terkait laporan perusahaan pembuat perangkat elektronik dan komponen tersebut akan meningkatkandaya saing biaya.

 

Indeks Topix naik 0,4 persen menjadi 1,259.73 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan sekitar lima saham yang naik untuk setiap tiga saham yang turun. Indeks tersebut kehilangan 2,3 persen pekan lalu, yang merupakan penurunan setiap hari terbesar sejak periode yang berakhir 11 April. Indeks Nikkei 225 naik 0,4 persen hari ini ke 15,221.56. Yen melemah 0,1 persen menjadi 101,36 per dolar setelah menguat 0,8 persen pekan lalu.

 

Minggu lalu, indeks Topix turun setelah indeks mengalami rebound sebanyak 12 persen dari terendah di 21 Mei terkait optimisme ekonomi global dan bahwa dana pensiun Jepang sebesar $ 1.2 miliar akan menambah kepemilikan saham-saham lokal.(frk)

 

Sumber : Bloomberg