Indeks Topix Jepang berfluktuasi di tengah volume perdagangan yang rendah setelah perusahaan asuransi mengalami kenaikan sementara perusahaan utilitas tergelincir.

Saham T&D Holdings Inc. naik 2 persen, yang merupakan perusahaan asuransi terkemuka dengan keuntungan terbesar di antara 33 kelompok industri pada indeks Topix. Saham Lasertec Corp. menguat 5,4 persen setelah produsen pembuat bagian mikroskop tersebut menaikkan proyeksi dividen. Saham Tokyo Electron Ltd. turun 2,6 persen terkait laporan yang berhubungan dengan Applied Materials Inc. menerima penentangan yang kuat dari pemerintah China. Saham Shizuoka Gas Co. kehilangan 2,1 persen untuk memimpin penurunan di indeks Topix Electric Power & Gas.

Indeks Topix sedikit berubah di level 1,273.54 pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah naik sebanyak 0,3 persen dan kehilangan 0,1 persen. Volume perdagangan sekitar 10 persen di bawah rata-rata 30-hari. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik kurang dari 0,1 persen menjadi 15,344.75. Yen sedikit berubah di level 101,42 per dolar setelah melemah dalam tiga tiga hari terakhir.

Indeks Topix telah mengalami kenaikan 12 persen hingga kemarin dari level terendahnya tahun ini pada bulan April yang lalu. Indeks tersebut diperdagangkan pada 1,2 kali nilai buku kemarin dibandingkan dengan 2,7 untuk Indeks Standard and Poor 500 dan 1,9 untuk Indeks Stoxx Europe 600, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Kontrak pada S&P 500 sedikit berubah hari ini setelah acuan ekuitas AS naik 0,5 persen kemarin dengan hanya dua poin dari rekor.(frk)

Sumber : Bloomberg