Saham-saham Hong Kong jatuh mengirim indeks acuan menuju penurunan pertama dalam tiga hari terakhir seiring saham teknologi dan saham telekomunikasi pimpin penurunan.

Indeks Hang Seng turun sebesar 0,6 persen ke level 24,490.70 pukul 9:31 pagi di Hong Kong. Indeks Hang Seng China Enterprises, saham China yang ditransaksikan di Hong Kong yang juga dikenal sebagai indeks H-share, turun 1 persen ke level 10,895.83.

Indeks H-share turun untuk hari kedua, mengupas keuntungan sejak memasuki fase bullish pekan lalu. Indeks ditransaksikan pada 7,7 kali estimasi laba pada penutupan terakhir dibandingkan dengan kelipatan 11,4 untuk Indeks Hang Seng dan 16,1 untuk Indeks Standard & Poor 500.

Kontrak pada S&P 500 mendatar hari ini. Indeks acuan AS turun sebesar 1 persen kemarin karena saham energi anjlok dan meningkatnya kepedulian atas meningkatnya ketegangan di Ukraina.

Menteri luar negeri Polandia memperingatkan bahwa penumpukan baru pasukan Rusia di perbatasan Ukraina memberikan sinyal invasi seiring Presiden Vladimir Putin memerintahkan respon terhadap sanksi AS dan Eropa.

Saham Yue Yuen Industrial Holdings Ltd, perusahaan produsen sepatu, turun sebesar 0,6 persen menjadi HK$ 25,75 pasca mengatakan mereka memperkirakan akan adanya dampak negatif terhadap laba semester pertama dari pembayaran benefit karyawan. (izr)

Sumber: Bloomberg