Indeks saham berjangka Eropa sedikit berubah, terkait para investor menimbang valuasi ekuitas pasca Indeks Stoxx Europe 600 rally mingguan keempat. Indeks saham berjangka eropa dan saham Asia juga sedikit berubah.

 

Saham Ryanair Holdings Plc dapat bergerak pasca maskapai tersebut mengatakan akan meningkatkan pemesanan pesawat senilai $ 11 miliar pada Boeing Co. EON SE mungkin aktif terkait laporan bahwa Edison SpA berencana untuk membeli perusahaan utilitas Jerman unit Italia. Electrolux AB dapat bergerak pasca membeli divisi peralatan pada perusahaan General Electric Co ‘s.

 

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan September naik sebesar 0,1 persen ke level 3.281 pukul 07:10 pagi waktu London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 Inggris turun sebesar 0,1 persen. Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 turun sebesar 0,1 persen, sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,1 persen.

 

Indeks Stoxx Europe 600 menguat sebesar 1,6 persen pekan lalu, menyentuh level 2 bulan tertingginya setelah Bank Sentral Eropa memangkas ketiga suku bunga utamanya dan mengatakan akan mulai membeli utang sekuritas. Indeks tersebut memangkas kenaikan pada 5 September kemarin di tengah kekhawatiran bahwa langkah-langkah stimulus tidak cukup untuk memacu pemulihan ekonomi. Indeks Stoxx 600 masih rebound 7 persen dari level 4 bulan terendahnya sejak 8 Agustus lalu pada ekspektasi dorongan kebijakan ECB.

 

Indeks acuan ekuitas Eropa ditransaksikan 15,6 kali pendapatan yang diperkirakan anggotanya, naik dari kelipatan 14,7 kali satu bulan yang lalu. Mendekati valuasi sebesar 15,7 kali pada Juli lalu, yang merupakan level tertingginya sejak akhir tahun 2009 lalu, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)

 

Sumber : Bloomberg