Indeks saham berjangka China turun di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi akan mengekang pertumbuhan laba.

Indeks CSI 300 berjangka yang berakhir pada bulan Juli turun sebesar 0,1 persen ke level 2.162 pukul 9:18 pagi waktu setempat. Saham Poly Real Estate Group Co dapat meningkat pasca melaporkan kenaikan dalam penjualan sebesar 34 persen bulan lalu. Saham Perusahaan elektronik konsumen TCL Corp dapat bergerak setelah itu diperkirakan keuntungan pada semester pertama melompat sebesar 92 persen.

Indeks Shanghai Composite naik kurang dari 0,1 persen ke level 2,059.93 kemarin seiring keuntungan pada saham sektor pengembang mengimbangi kerugian untuk saham teknologi dan saham perusahaan kecil. Saham China International Capital Corp dan UBS AG mengatakan saham perusahaan-perusahaan lapis kedua mungkin berada di bawah tekanan dengan keuntungan yang mungkin dibawah perkiraan analis pada periode pertama laba awal semester kedua bulan ini.

Pemerintah akan merilis data inflasi besok dan perdagangan lusa. Harga-harga konsumen kemungkinan naik sebesar 2,4 persen dari tahun sebelumnya, melambat dari kenaikan sebesar 2,5 persen bulan sebelumnya, menurut perkiraan median. Angka pertumbuhan ekonomi kuartal kedua dijadwalkan 16 Juli.

Indeks CSI 300 turun sebesar 0,1 ke level 2,176.29. Indeks Hang Seng China Enterprises turun kurang dari 0,1 persen. Indeks saham China-US Bloomberg, Indeks saham perusahaan China yang terdaftar di AS, turun sebesar 1,3 persen di New York.

Indeks Shanghai telah turun sebesar 2,6 persen tahun ini di tengah kekhawatiran aktifitas penawaran saham baru (IPO) yang akan mengalihkan dana dari saham yang ada. Sekitar 15 perusahaan diharapkan untuk mendapatkan dokumen persetujuan untuk penawaran umum perdana pada bulan Juli hingga Desember, China Securities Journal melaporkan (izr)

Sumber: Bloomberg