Indeks saham berjangka China sedikit berubah pasca rilis data perdagangan.

Kontrak pada Indeks CSI 300 yang berakhir bulan September naik sebesar 0,1 persen ke level 2,469.80 pukul 09:20 pagi waktu China. Saham Poly Real Estate Group Co turun setelah penjualan bulan Agustus mengalami penurunan.

Indeks Hang Seng China Enterprises menguat sebesar 0,4 persen kemarin. Pasar finansial China ditutup kemarin untuk libur nasional. Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,9 persen ke level 2,326.43 pada 5 September kemarin, memperpanjang kenaikan pekan lalu menjadi 4,9 persen. Indeks CSI 300 naik sebesar 1 persen pada 5 September kemarin. Indeks Equity China-AS Bloomberg turun sebesar 0,3 persen.

Rilis data kemarin menunjukkan impor China mengalami kontraksi sebesar 2,4 persen pada bulan Agustus tahun sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan untuk kenaikan sebesar 3 persen. Ekspor melonjak sebesar 9,4 persen, mengalahkan perkiraan para ekonom untuk kenaikan sebesar 9 persen. Surplus perdagangan China naik ke level $ 49.8 miliar pada periode.

Melambatnya ekspor dan impor menggarisbawahi kelemahan ekonomi China, memperkuat kasus untuk pemerintah untuk terus menambah stimulus, menurut Bloomberg ekonom Tom Orlik dan Fielding Chen.

Indeks Shanghai Composite telah kembali pulih 17 persen sejak pertengahan Maret lalu terkait spekulasi China akan mengurangi kepemilikan perusahaan milik negara untuk membuat mereka lebih berorientasi pasar dan hubungan antara bursa di Hong Kong dan Shanghai akan memicu arus kas masuk. (knc)

Sumber : Bloomberg