Indeks saham berjangka China sedikit berubah jelang rilis harga properti untuk bulan Juni terkait kekhawatiran pertumbuhan penjualan saham baru akan mengalihkan dana dari ekuitas yang ada.

Kontrak Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan Juli naik kurang dari 0,1 persen ke level 2,151.60 pukul 09:16 pagi waktu setempat. Saham SAIC Motor Corp diprediksi aktif. Economic Information Daily akan melaporkan bahwa pemerintah China akan mengumumkan hukuman bagi beberapa perusahaan mobil atas dugaan monopoli. Saham Shanghai Beite Technology Co, perusahaan pembuat suku cadang otomotif, akan memulai perdagangan perdana dibursa Shanghai hari ini.

Indeks Shanghai Composite kemarin turun 0,6 persen ke level 2,055.59, memangkas gain pekan ini sebesar 0,4 persen. Indeks CSI 300 turun 0,6 persen ke level 2,157.07. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,1 persen.

Indeks Bloomberg China-US Equity kemarin anjlok sebesar 1,5 persen setelah sebuah pesawat Malaysia Airlines ditembak jatuh di atas wilayah Ukraina dan Israel mengirimkan pasukannya ke Gaza, memicu permintaan untuk aset safe haven.

Indeks Shanghai Composite turun sebesar 2,9 persen dalam tahun ini di tengah kekhawatiran pelemahan pasar properti yang akan memperlambat perekonomian China. Indeks tersebut diperdagangkan sebesar 7,6 kali selama 12 bulan laba diproyeksikan, dibandingkan dengan rata-rata lima tahun terakhir dengan kelipatan 11,4, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Pada bulan Mei lalu, harga rumah baru di China turun setengah dari jumlah kota di China yang dilacak oleh pemerintah untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir pasca melambatnya perekonomian dan berlebihnya pasokan yang menghalangi para pembeli. Penjualan rumah mengalami rebound 33 persen di bulan Juni lalu dari bulan sebelumnya setelah harga dipangkas oleh pengembang dalam memikat pembeli. (knc)

Sumber : Bloomberg