Indeks saham berjangka China stagnan jelang rilis data besok pada layanan industri China untuk bulan Agustus.

Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan September, kontrak paling aktif, turun kurang dari 0,1 persen ke level 2,351.80 pada pukul 9:21 pagi waktu China. Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,8 persen ke level 2,235.51 kemarin di tengah spekulasi pemerintah akan mempercepat stimulus setelah indeks acuan resmi manufaktur nasional berkembang di laju yang lebih lambat pada bulan lalu. Laporan kemarin diikuti kredit, produksi dan investasi data yang lebih lemah dari perkiraan untuk bulan Juli lalu, menunjukkan pertumbuhan ekonomi kehilangan momentum dan menambah tekanan pada pemerintah untuk meningkatkan upaya memenuhi target ekspansi tahun ini.

Indeks non-manufaktur Purchasing Manager pemerintah jatuh ke angka 54,2 di bulan Juli dari angka 55 bulan Juni lalu. Pada bulan Juli lalu indeks industri jasa China oleh saham HSBC Holdings Plc dan Markit Economics berada diangka 50, level terendahnya sejak bulan November 2005 silam dan turun di angka 53,1 pada bulan Juni lalu. Angka di atas 50 menunjukkan adanya ekspansi.

Indeks CSI 300 menguat sebesar 0,7 persen ke level 2,355.32 kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises melemah kurang dari 0,1 persen. Pasar keuangan AS tutup untuk memperingati hari buruh.

China akan menurunkan biaya bagi individu dan investor institusi yang membuka perdagangan saham A pada 1 Oktober mendatang, menurut situs Depository China Securities dan Kliring kemarin. Biaya akan dipangkas menjadi 40 yuan dari 90 yuan untuk individu dan diturunkan menjadi 400 yuan dari 900 yuan bagi investor yang lebih besar. (knc)

Sumber : Bloomberg