Indeks saham berjangka China sedikit berubah jelang rilis data investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) dan jumlah uang yang beredar saat ini.

Indeks berjangka CSI 300 yang berakhir pada bulan Juli turun kurang dari 0,1 persen ke level 2,161.80 pada pukul 09:24 pagi waktu setempat. Saham Air China Ltd diprediksi turun setelah memperkirakan laba bersih pada semester pertama turun. Saham Chongqing Changan Automobile Co diprediksi gain setelah mengatakan bahwa laba kemungkinan besar naik 178 persen dari tahun lalu.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 1 persen ke level 2,066.65 kemarin, kenaikan terbesar sejak 10 Juni lalu, setelah perusahaan utilitas dan kebutuhan pokok konsumen mengalami reli terhadap spekulasi bahwa laba akan mengalahkan estimasi. Indeks CSI 300 naik sebesar 1,1 persen. Indeks Hang Seng China Enterprises menambahkan sebesar 0,8 persen. Indeks saham Bloomberg China-US equity naik 1,8 persen.

Indeks Shanghai mengalami rebound 2,7 persen dari level terendah tahun ini pada bulan Mei lalu setelah data seperti manufaktur dan harga produsen menandakan pertumbuhan ekonomi yang stabil. Rilis data ekonomi minggu ini termasuk pertumbuhan ekonomi China kuartal kedua dan penjualan rumah semester pertama yang akan dirilis besok, serta harga rumah pada tanggal 18 Juli.

Perekonomian China kemungkinan diperluas sebesar 7,4 persen dalam tiga bulan terakhir sampai tanggal 30 Juni dari tahun sebelumnya, menurut estimasi rata-rata pada 44 ekonom yang dirilis oleh Bloomberg.

Pemerintah China mulai mengeluarkan kebijakan stimulus untuk menopang pertumbuhan ekonomi setelah pemerintah pusat membatasi bantuan bagi perekonomian.

Provinsi Hebei Utara, dengan laju ekspansi kuartal pertama sebesar 4,2% kurang dari setengahnya dari tahun sebelumnya, akan menginvestasikan sebesar 1,2 triliun yuan ($ 193 miliar) di daerahnya termasuk jalur kereta api, energi dan perumahan. Provinsi Heilongjiang di bagian timur laut, dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,9 persen yang terendah di China pada kuartal pertama, akan membelanjakan lebih dari 300 miliar yuan selama dua tahun termasuk untuk infrastruktur dan pertambangan.

Indeks Shanghai Composite diperdagangkan di level 7,6 kali pada 12 bulan laba yang diproyeksikan, dibandingkan dengan 7 kali untuk indeks Hang Seng China, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg