Indeks Saham Berjangka China Naik Jelang Rilis Data Indeks ManufakturIndeks saham berjangka China naik sebelum rilis indeks manufaktur awal China.

Index CSI 300 berakhir pada bulan Juni naik 0,1 persen ke level 2.124 pada 09:20 pagi waktu setempat. Saham China Coal Energy Co. diprediksi aktif setelah Rusia menandatangani kesepakatan sebesar US$ 400 miliar untuk memasok gas alam ke China. Heilongjiang Agriculture Co. diprediksi bergerak setelah Xinhua News Agency melaporkan bahwa negara tersebut akan mempercepat pembangunan proyek-proyek konservasi air untuk membantu pertanian.

Indeks Hang Seng China Enterprises naik 1,1 persen ke level 9,995.39 kemarin dan Indeks Shanghai Composite naik 0,8 persen ke level 2,024.95. Indeks CSI 300 dan ETP di China AMC CSI 300 Index naik 1 persen. Indeks Bloomberg China -US Equity dari saham Cina yang paling diperdagangkan di AS naik 1,6 persen setelah Federal Reserve mengisyaratkan tidak melihat stimulus lanjutan yang memicu inflasi. Volume pada indeks Shanghai adalah 32 persen di bawah rata-rata 30 – hari, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

HSBC Holdings Plc dan Markit Economics dijadwalkan untuk merilis pembacaan awal indeks manufaktur China untuk bulan Mei, yang dikenal sebagai flash PMI, pada jam 9:45 pagi waktu setempat. Indeks itu mungkin naik menjadi 48,3 dari pembacaan akhir di 48,1 pada bulan sebelumnya, menurut median dari 26 perkiraan dalam survei Bloomberg. (Update : Indeks Manufaktur China berada di angka 49.7)

Indeks Shanghai telah kehilangan 4,3 persen dalam tahun ini di tengah spekulasi perlambatan pertumbuhan ekonomi akan mengekang pendapatan dan banjir penawaran umum perdana akan mengalihkan investasi. Pemerintah mengatakan pada pekan ini bahwa pihaknya berencana untuk memiliki sekitar 100 IPO dari Juni sampai akhir tahun ini.(frk)

 

Sumber : Bloomberg