Indeks saham berjangka China naik sebelum rilis data manufaktur HSBC Holdings Plc dan Markit Economics besok.

Kontrak pada Indeks CSI 300 berakhir pada bulan Oktober, kontrak paling aktif, naik 0,1% menjadi 2,455.20 pada 09:20 pagi waktu setempat. Laporan HSBC mungkin akan menunjukkan indeks PMI (purchasing managers index) untuk September adalah 50,5 bulan lalu, tidak berubah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Biro Statistik akan merilis indeks manufaktur resmi pada 1 Oktober.

Kenaikan pasar saham mungkin terbatas pasca gain di perusahaan-perusahaan industri di China turun bulan lalu untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir dan para investor bersiap turun dari pasar saham di Hong Kong ditengah tindakan keras polisi terhadap para demonstran sejak kota tersebut kembali ke pemerintahan China.

Indeks Shanghai Composite naik 0,1% menjadi 2,347.72 pada 26 September. Indeks saham telah menguat 11% tahun ini karena ekspektasi langkah-langkah reformasi pemerintah yang sedang berlangsung yang akan membendung perlambatan ekonomi.

Indeks CSI 300 stagnan pada level 2,437.20. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,5%. Indeks Bloomberg China-US Equity, Indeks perusahaan AS yang terdaftar paling banyak diperdagangkan China, naik 0,7% di New York.

Sementara pasar saham China daratan akan ditutup pada 1 Oktober sampai7 Oktober untuk Hari libur Nasional.

Jumlah keuntungan perusahaan industri China turun 0,6% dari tahun sebelumnya pada bulan Agustus, dikatakan oleh Biro Statistik Nasional pada akhir pekan ini. Dibandingkan dengan 13,5% peningkatan Juli dan merupakan penurunan pertama sejak Agustus 2012 lalu, berdasarkan data yang dilaporkan sebelumnya.(yds)

Sumber: Bloomberg