Indeks saham berjangka China naik di tengah spekulasi pemerintah akan mempercepat reformasi BUMN.

Saham China Petroleum & Chemical Corp.diprediksi mengalami gain. Sinopec berusaha untuk meningkatkan 100 miliar yuan ($ 16 miliar) penjualan sekitar sepertiga saham di unit ritel, menurut para ekonom.Saham Huadian Power International Corp. dan Huadian Energy Co.diprediksi bergerak. The China Securities Journal melaporkan bahwa induk perusahaan China Huadian Corp. akan mengkonsolidasikan aset kelompok dan menyuntikkan beberapa aset menjadi unit yang terdaftar.

Kontrak pada Indeks CSI 300 berakhir pada bulan Agustus naik 0,4 persen menjadi 2,246.20 pada pukul 09:21pagiwaktu setempat. Indeks Shanghai Composite naik 1,3 persen menjadi 2,105.06 kemarin setelah indeks manufaktur awal dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics, yang dikenal sebagai PMI flash, mencapai tertinggi 18 bulan di bulan ini. Indeks tersebut telah naik 2,2 persen dalam minggu ini, menuju gain lima hari terbesar dalam tiga bulan terakhir.

Indeks CSI 300 naik 1,8 persen menjadi 2,237.02 kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises naik 1,1 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity, indeks perusahaan AS yang terdaftar paling banyak diperdagangkan di China,menambahkan 1 persen.

indeks Shanghai Composite senilai 7,8 kali 12 bulan proyeksi pendapatan, dibandingkan dengan rata-rata lima tahun kelipatan 11,4, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Volume perdagangan indeks adalah 67 persen di atas 30-hari rata-rata kemarin, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.(frk)

Sumber: Bloomberg