Indeks saham berjangka China melemah pasca Perdana Menteri Li Keqiang mengindikasikan melambatnya pertumbuhan jumlah uang yang beredar bulan lalu.

Kontrak pada Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan September, kontrak paling aktif, merosot sebesar 0,4 persen ke level 2,446.40 pukul 09:16 pagi waktu China. Saham Apple Inc. Perusahaan pemasok Suzhou Anjie Technology Co dan perusahaan Han Laser Technology Co dapat bergerak setelah pembuat iPhone memperkenalkan produk baru mereka. Empat perusahaan tersebut termasuk perusahaan Hubei Feilihua Quartz Glass Co dan perusahaan Dirui Industrial Co akan memulai trading di Shenzhen hari ini.

Indeks Shanghai Composite sedikit berubah pada level 2,326.53 kemarin. Indeks tersebut reli 6 hari berturut-turut pasca rilis data menunjukkan impor China mengalami kontraksi sebesar 2,4 persen pada Agustus tahun sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan untuk kenaikan sebesar 3 persen.

Indeks CSI 300 turun sebesar 0,2 persen ke level 2,445.22. Indeks Hang Seng China Enterprises menguat sebesar 0,4 persen. Indeks Equity China-AS Bloomberg, acuan perusahaan AS yang terdaftar paling banyak diperdagangkan China, turun sebesar 1,1 persen di New York.

Menurut Biro Statistik yang akan merilis data inflasi bulan Agustus tahun yang akan datang. Harga konsumen diperkirakan melonjak sebesar 2,2 persen dari tahun sebelumnya, lebih lambat dari kenaikan sebelumnya sebesar 2,3 persen pada bulan Juli, menurut perkiraan rata-rata yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg