Indeks berjangka asia menguat karena saham AS menghentikan penurunan dua harinya diikuti reli Saham Apple Inc yang mengangkat saham teknologi. Yen menuju level terendah hampir dalam enam tahun terakhir, sementara mata uang Selandia Baru mencatat pelemahan.

Indeks Nikkei 225 Stock Average berjangka naik setidaknya sebanyak 0,5% di Osaka dan Chicago, sementara kontrak saham Korea Selatan naik 0,3%. Yen berada di level 106,84 per dolar setelah tergelincir sebanyak 0,7% sesi terakhir perdagangan, sementara kiwi Selandia Baru turun hari ini ke level terendah tujuh bulan. Indeks Standard & Poor 500 naik 0,4 %, karena saham Apple meningkat tajam sejak April dan Treasuri memperpanjang penurunannya. Minyak jatuh ke level delapan bulan terendah.

Indeks berjangka Nikkei 225 naik 1,6% ke level 15.920 di Chicago Mercantile Exchange, sedangkan kontrak yang diperdagangkan di Osaka adalah 0,5% lebih tinggi pada level 15.880 pada 03:00 pagi waktu setempat. Kemarin Indeks saham naik 0,3% menuju ke level penutupan tertinggi sejak 22 Januari lalu, bahkan ketika Indeks MSCI Asia Pacific saham di seluruh wilayah tergelincir 0,7%.(yds)

Sumber: Bloomberg