Indeks saham berjangka China turun jelang daftar pertama dari penawaran umum perdana dalam empat bulan dan melonjaknya risiko harga minyak.

Kontrak berjangka di Indeks CSI 300 berakhir pada bulan Juli, kontrak paling aktif, turun 0,2% menjadi 2,131.40 pada 09:27 pagi waktu setempat. Saham Shandong Longda Meat Foodstuff Co Wuxi Xuelang Environmental Technology Co. and Feitian Technologies Co. akan berperan pada perdagangan di Bursa Efek Shenzhen besok. Perusahaan tersebut adalah pertama yang melakukan debut di bursa China daratan sejak Februari lalu. China Vanke Co, perusahaan properti terbesar di negara terebut, akan memulai trading di Hong Kong hari ini.

Kemarin Indeks Shanghai Composite naik 0,5% ke level 2,033.93. Indeks CSI 300 naik 0,5% dan Indeks Hang Seng China Enterprises naik sebanyak 0,5%.

China Securities Regulatory Commission mengatakan sebesar 563.9 milyar yuan ($ 91 milyar) terkunci pada penawaran umum perdana enam perusahaan, tanda bahwa kembalinya penjualan saham akan mengalihkan dana dari ekuitas yang ada. Sepuluh perusahaan telah memulai proses untuk mencatatkan sahamnya sejak 10 Juni, pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan di microblog-nya kemarin.

Thun ini Indeks Shanghai Composite turun 3,9 % karena kekhawatiran perlambatan pertumbuhan akan merugikan pendapatan perusahaan. (yds)

 

Sumber: Bloomberg