Saham Asia jatuh mengirim indeks acuan regional turun dari level penutupan tertingginya dalam lebih dari enam tahun terakhir, karena saham teknologi industri dan informasi memimpin penurunan.

Indeks MSCI Asia Pacific Index turun sebesar 0,1 persen ke level 147,03 pukul 09:04 di Tokyo, sebelum pasar finansial Hong Kong dan China belum dibuka ketika berita ini diturunkan. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir sebesar 0,1 persen dengan perdagangan pasar finansial AS kembali dirilis hari ini pasca libur.

Saham Asia pekan lalu mencatat kenaikan mingguan kedelapan, kenaikan beruntun terpanjang sejak 2012 lalu. Indeks S&P 500 ditutup pada rekor tertingginya dan indeks Topix Jepang naik ke level penutupan terbaiknya dalam lima bulan terakhir. Indeks Hang Seng di Hong Kong naik tajam dalam sebulan terakhir pekan lalu di tengah tanda-tanda bahwa pertumbuhan ekonomi China yang stabil.

Indeks Topix Jepang turun sebesar 0,2 persen hari ini. Indeks Australia S&P/ASX 200 naik sebesar 0,1 persen dan indeks Kospi Korea Selatan turun sebesar 0,2 persen. Indeks NZX 50 Selandia Baru turun sebesar 0,4 persen.

Indeks berjangka Hang Seng Hong Kong naik tipis 0,1 persen di sebagian besar perdagangan baru-baru ini dan kontrak pada indeks Hang Seng China Enterprises, Index perusahaan China yang diperdagangkan di Hong Kong naik sebesar 0,2 persen.

Indeks MSCI Asia Pacific Index ditransaksikan pada 13,5 kali estimasi laba pada penutupan terakhir dibandingkan dengan 16,2 kali untuk indeks MSCI World, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Sedangkan data manufaktur China bulan ini menunjukkan pertumbuhan yang stabil dalam perekonomian terbesar kedua di dunia, Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengisyaratkan pemangkasan dalam perkiraan ekspansi lembaga global. (izr)

Sumber: Bloomberg