Indeks saham Asia stagnan pasca naik kemarin dari penurunan mingguan pertamanya dalam tiga pekan terakhir, karena para investor menimbang laporan laba perusahaan. Saham perusahaan Healthcare naik dan saham teknologi mengalami koreksi.

Indeks MSCI Asia Pacific sedikit berubah pada level 147,89 pukul 09:04 pagi di Tokyo pasca menguat sebesar 0,1 persen kemarin. Pasar finansial China dan Hong Kong belum dibuka ketika berita ini diturunkan.

Oversea-Chinese Banking Corp, bank kreditur terbesar kedua di Asia Tenggara, hari ini mencatat kenaikan laba sebesar 54 persen lebih besar dari estimasi laba kuartalan. Toyota Motor Corp yang termasuk dari 38 perusahaan yang tercatat pada indeks MSCI Asia Pacific akan melaporkan laba hari ini. Dari semua perusahaan yang yang telah merilis laba sejak awal Juli kemarin dan sesuai dengan estimasi Bloomberg, sekitar 60 persen mengalahkan ekspektasi laba.

Indeks Topix Jepang sedikit berubah. Indeks Kospi Korea Selatan turun sebesar 0,5 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia dan Selandia Baru NZX 50 Index naik sebesar 0,1 persen persen.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir sebesar 0,1 persen hari ini. Indeks menguat sebesar 0,7 persen kemarin karena Portugal mengumumkan bailout terhadap Banco Espirito Santo SA dan laba Berkshire Hathaway Inc mengalahkan perkiraan.

Bank sentral Portugal mengambil alih Banco Espirito Santo, mengurangi kekhawatiran bahwa krisis bank kreditur dapat menyebar. Espirito Santo akan mendapatkan bailout senilai â��¬4.9 miliar (US$6.6 miliar), bank sentral mengatakan. Pasar keuangan global bergolak bulan lalu pasca perusahaan induk Banco Espirito Santo gagal melakukan pembayaran hutang. (izr)

Sumber: Bloomberg