Indeks Berjangka China stagnan pasca rilis laba dari Industrial & Commercial Bank of China Ltd. dan Aluminum Corp. of China Ltd.

Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 yang akan berakhir September mendatang, naik kurang dari 0.1% ke level 2,332.60 pukul 9:27 pagi waktu lokal. ICBC, diperkirakan akan bergerak pasca laba kuartal kedua naik sebesar 7.5% dari awal tahun. Aluminum Corp. of China, atau Chalco, diperkirakan juga aktif setelah menderita kerugian.

Kemarin Indeks Shanghai Composite melemah sebesar 0.6% ke level 2,195.82. Pekan ini indeks acuan tersebut mengalami penurunan sebesar 2%, penurunan tajam sejak 20 Juni lalu, ditengah kekhawatiran mengenai penjualan saham baru yang mengurangi permintaan dari ekuitas yang ada.

Indeks CSI 300 melemah sebesar 0.7% ke level 2,311.28. Indeks Hang Seng China Enterprises melemah 1.3%. Indeks Ekuitas AS China Bloomberg melemah sebesar 1.2% di New York.

Saham Beijing Tensyn Digital Marketing Technology Joint dan Dirui Industrial Co. hari ini mengajukan IPO, setelah kemarin 6 perusahaan melakukan hal yang sama.

ICBC, merilis pertumbuhan laba kuartal keempat secara berturut-turut dibawah 10%.

PetroChina Co., perusahaan minyak terbesar di China menyatakan bahwa laba semester pertama naik 4% menjadi 68.1 miliar yuan dari awal tahun ini, sesuai dengan perkiraan rata-rata dari 5 analis yang dihimpun oleh Bloomberg yang menyatakan laba sekitar 68.2 miliar yuan.

Chalco, meyatakan laba semester pertama merugi sebesar 4.12 miliar yuan dari 623.8 juta yuan dari awal tahun ini. (bgs)

Sumber : Bloomberg