Indeks Berjangka China menguat ditengah berkembangnya prospek akan reformasi BUMN.
Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 yang akan berakhir September ini catat gain sebesar 0.2% ke level 2,416.80.

Kemarin Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-shares melonjak 3.2% ke level 11,312.54, gain tertinggi sejak 18 November tahun lalu, ketika saham-saham reli pasca China berkomitmen kebijakan reformasi terbesar sejak tahun 1990an. Indeks Hang Seng melonjak sebesar 2.3%, sementara Indeks Shanghai Composite menguat sebesar 1%. Indeks CSI 300 catat gain sebesar 0.9%.

Indeks Shanghai telah rebound sebesar 15% sejak pertengahan Maret lalu terkait prospek pemerintah China akan mengurangi kepemilikan pemerintah pada BUMN dan hubungan antara Bursa Hong Kong dan Shanghai akan memicu arus kas masuk.

Kemarin saham-saham reli setelah rilis data sektor jasa menunjukkan rebound yang mendorong optimisme bahwa pemerintah berhasil mengarahkan ekonominya dari ekspor dan investasi ke konsumsi domestik. PMI (purchasing manager index) non-manufaktur/jasa Agustus lalu naik 54.4 dari 54.2 pada Juli lalu, sementara survey dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economic mencatat angka tertingginya sejak Maret lalu 2013 silam. (bgs)

Sumber : Bloomberg