Indeks saham berjangka China jatuh setelah penurunan mingguannya pada Indeks acuan.

Kontrak pada Indeks CSI 300 yang berakhir September turun 0,5% ke level 2,428 pada 09:18 pagi waktu setempat. Saham Angang Steel Co dapat maju setelah BNP Paribas SA menaikkan rekomendasi sahamnya.

Indeks Shanghai Composite naik 0,6% pada September 19 lalu, memangkas penurunan mingguan sebesar 0,1%. Indeks manufaktur awal akan dirilis besok, sementara pasar saham China ditutup untuk liburan Hari Nasional pada minggu pertama di bulan Oktober.

Indeks Flash PMI dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics mungkin berada pada angka 50, menurut perkiraan rata-rata dari 11 ekonom, jatuh dari bulan lalu di angka 50,2. Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi.

Saham Alibaba Group Holding Ltd melonjak 47% dalam 10 menit pertama perdagangan di AS pada 19 September dan ditutup naik 38% setelah memecahkan rekor untuk penawaran umum perdana senilai $ 21.8 miliar. Di antara 30 IPO di AS tahun ini yang naik sebanyak sebesar $ 250 miliar atau lebih, hanya satu, Mobileye NV, naik lebih dari Alibaba dalam debutnya, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Indeks Shanghai Composite telah meningkat sebanyak 17% sejak pertengahan Maret dan diperdagangkan di 8,4 kali proyeksi laba 12 bulan. Indeks Hang Seng China Enterprises telah jatuh 5,5% setelah mencapai level tertinggi tahun ini pada 8 September lalu. Volume perdagangan saham di Shanghai adalah 0,9% di bawah rata-rata 30 hari pada 19 September lalu, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg