Saham-saham Hong Kong berfluktuasi terkait investor mempertimbangkan laba pasca indeks acuan di kota kemarin ditutup pada level tertingginya lebih dari tiga tahun terakhir. Saham Lenovo Group Ltd memimpin kenaikannya pasca laba mengalahkan perkiraan.

Indeks Hang Seng turun kurang dari 0,1 persen ke level 24,887.76 pukul 09:36 pagi di Hong Kong pasca naik sebesar 0,1 persen. Indeks acuan kemarin ditutup pada level tertingginya sejak November 2010 lalu. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, hari ini turun sebesar 0,1 persen ke level 11,180.98.

Saham meningkat pada akhir perdagangan kemarin, membalikkan penurunannya pasca China melaporkan lebih lemah dari yang diperkirakan kredit baru dan output industri, meningkatkan optimisme para pembuat otoritas yang akan meningkatkan stimulus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Acuan H-share naik sebesar 22 persen dari level terendahnya di tahun ini pada bulan Maret kemarin dan akan ditransaksikan sebanyak 7,8 kali pada perkiraan laba, dibandingkan dengan 11,5 untuk Indeks Hang Seng dan 16,3 untuk Indeks Standard & Poor 500.

Kontrak berjangka pada S&P 500 stagnan pada hari ini. Indeks acuan AS naik sebesar 0,7 persen kemarin terkait melambatnya penjualan ritel yang mendorong optimisme The Fed tidak akan menaikkan tingkat suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan. Janet Yellen mengatakan acuan tingkat suku bunga akan tetap rendah untuk “waktu yang cukup” pasca program pembelian obligasi berakhir.

China Mobile Limited, perusahaan ponsel operator dengan pelanggan terbesar di dunia, dan pemasok listrik CLP Holdings Ltd adalah beberapa perusahaan yang dijadwalkan akan melaporkan pendapatannya pada hari ini. (vck)

Sumber: Bloomberg