KONTAK PERKASA FUTURES – Mengatur keuangan pribadi bukanlah perkara mudah, terlebih bagi yang punya gaya hidup (lifestyle) yang terkadang tidak sesuai dengan pemasukan. Tak jarang pula uang yang masuk setiap akhir bulan pun hanya sekadar ‘numpang lewat’ tanpa sisa.

Tapi sejatinya seberapapun besar penghasilan kita, bila tidak diimbangi dengan pengelolaankeuangan yang tepat, maka hasilnya akan berantakan. Seberapapun gaji seolah tak pernah cukup.

Mengatur keuangan pribadi bukanlah perkara mudah, terlebih bagi yang punya gaya hidup (lifestyle) yang terkadang tidak sesuai dengan pemasukan. Tak jarang pula uang yang masuk setiap akhir bulan pun hanya sekadar ‘numpang lewat’ tanpa sisa.

Tapi sejatinya seberapapun besar penghasilan kita, bila tidak diimbangi dengan pengelolaankeuangan yang tepat, maka hasilnya akan berantakan. Seberapapun gaji seolah tak pernah cukup.

Tentu saja, pengaturan keuangan tidak harus menunggu seseorang itu berkeluarga. Oleh karena itu, kendati belum menikah pun sudah seharusnya tahu cara mengatur keuangan, memprioritaskan pengeluaran mana yang penting dan tidak.

Dengan mengatur keuangan kita pun bisa menjadi lebih menghargai setiap pemasukan, sehingga bisa meraup keuntungan.

Nah, berikut ini cara cerdas atur keuangan yang bikin hidup makin hemat seperti dikutip dariCermati.com.

1. Sisihkan Sebagian Penghasilan untuk Ditabung

Tak semua orang mampu mengatur keuangan dengan baik. Namun bukan berarti kita membiarkan diri tak mampu mengatur uang.

Faktor penting dari mengatur keuangan adalah mampu menahan diri membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif dan di luar kemampuan. Hal terebut menjadi sesuatu yang cukup sulit dilakukan karena bertolak belakang antara keinginan yang tak sebanding dengan pemasukan.

Seorang miliarder dunia, Warren Buffet, menyebutkan bahwa orang yang gagal menyisihkan keuangan dapat dikarenakan ketidakmampuannya menahan keinginannya dibandingkan mengutamakan kebutuhannya.

Dirinya pun menyampaikan bahwa perilaku menabung harus dimiliki sejak dini agar kehidupan di masa depan menjadi lebih terjamin.

 2. Punya Rencana dan Tahu Apa yang Akan Dilakukan di Masa Mendatang

Langkah selanjutnya agar Anda dapat mengatur keuangan menjadi lebih cerdas adalah dengan merencanakan masa depan sebaik-baiknya. Masa depan tersebut akan berpengaruh saat Anda hendak mencapainya.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui seberapa nominal yang harus dicapai pada waktu tertentu. Anda bisa memulainya dengan menentukan rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang.

Dalam hal ini, kita bisa meniru prinsip yang diterapkan oleh Jack Ma yang merupakan salah satu tokoh terkaya di Tiongkok dan merupakan pendiri e-commerce yang namanya tak asing lagi, yakni Alibaba Group.

Kesuksesan sosok Jack Ma tak lepas dari kejeliannya dalam melihat masa depan dan merencanakannya hingga saat ini namanya menjadi dikenal di seluruh dunia.

3. Jangan Pernah Abai, Siapkan Dana Investasi sejak Awal

Jika selama ini hanya berkutat dengan menabung dan menabung, cobalah alihkan pikiran Anda untuk mempersiapkan dana investasi.

Dengan memiliki dana investasi, Anda tak akan kehilangan dana selama ada kemauan untuk mempelajari pengelolaan dana investasi dan mengaplikasikannya dengan benar.

Salah satu kisah menarik sebagai contoh adalah Caros Slim yang pada saat umurnya masih 11 tahun, ia sudah menginvestasikan sebagian dananya pada obligasi pemerintah negaranya. Hingga pada akhirnya saat dirinya berumur 15 tahun, Carlos berhasil menjadi shareholder di sebuah bank di Meksiko.

Seorang Carlos Slim memiliki pandangan bahwa tak ada waktu yang cepat untuk sekadar melakukan sesuatu. Carlos juga berpandangan jika sesuatu dapat dilakukan saat ini kenapa harus ditunda-tunda.

4. Cari Pemasukan Tambahan

Tips selanjutnya untuk dapat mengatur keuangan dengan lebih cerdas, cobalah untuk mencari pemasukan tambahan. Jangan hanya terpaku dengan pemasukan utama saja, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda kerjakan di luar kantor atau pekerjaan utama, misalnya menjadi penulis lepas, menjadi staf Event Organizer setiap akhir pekan, dan sebagainya.

Jangan pernah takut untuk memulai kegiatan baru selama hal tersebut dapat menghasilkan uang dan sepadan dengan upaya keras, ambillah dan jangan pernah berhenti puas dengan pemasukan yang Anda punya saat ini.

5. Jangan Malas Bikin Catatan Daftar Pengeluaran setiap Awal Bulan

Tips selanjutnya yang dapat Anda praktikkan untuk mengatur keuangan menjadi lebih cerdas adalah mencatat daftar pengeluaran setiap awal bulan. Hal ini terbukti cukup ampuh untuk mengorganisir pengeluaran, sehingga Anda lebih mudah saat akan mengalokasikan dana.

Jangan lupa pula untuk mencatat setiap pengeluaran yang telah Anda bayarkan. Bayangkan jika Anda tidak melakukan hal ini, pengeluran akan menjadi sulit untuk ditelusuri. Bukan tidak mungkin, pengeluaran pun jadi membengkak.

Selalu simpan pula struk belanjaan Anda dan kumpulkan hingga akhir bulan. Sehingga Anda memiliki catatan ke mana uang dikeluarkan, dan di bulan berikutnya jika pengeluaran tersebut dirasa kurang penting, Anda bisa memangkasnya.

Jangan Pernah Sepelakan Soal Atur Uang

Tanpa pengaturan yang baik, apapun seolah bisa menjadi berantakan, tak terkecuali soal keuangan. Oleh karena itu, aturlah keuangan dengan cara yang lebih cerdas melalui tips-tips di atas.

Satu hal yang perlu diingat, pertimbangkanlah untuk menginvestasikan sebagian dana Anda, sehingga uang yang masuk ke rekening tidak hilang begitu saja termakan gaya hidup yang seringkali tak sepadan dengan pemasukan. Dengan berinvestasi, Anda juga bisa memiliki dana lebih untuk masa depan.

KONTAK PERKASA FUTURES