KONTAK PERKASA FUTURES – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk pertama kalinya menggelar Malam Penganugerahan Pariwara Jasa Keuangan Terbaik 2019. Lomba ini iklan jasa keuangan ini diikuti 393 peserta dari berbagai perusahaan jasa keuangan.

Anggota Dewan Komisioner Tirta Segara, menjelaskan penghargaan ini dibuat dalam rangka melindungi konsumen dari iklan jasa keuangan yang menyesatkan. Fokus penilaian lomba merupakan market conduct yakni perilaku jasa keuangan terhadap konsumen.

“Objek pengawasan, periklanan, memasarkan produknya , bagaimana agen dan layanan pasca jual produk,” kata Tirta saat memberikan sambutan pada Malam Penganugerahan Pariwara Jasa Keuangan Terbaik 2109 di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Dalam hal ini OJK melakukan pengawasan terhadap lembaga jasa keuangan saat memasarkan produk. Sebab ini telah membantu masyarakat dalam memilih jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun tidak sedikit iklan jenis ini banyak yang menyesatkan konsumen. Salah satunya tidak memberikan penjelasan secara akurat pada iklan. Padahal OJK telah membuat pedoman pariwara jasa keuangan.

“Maka lomba sebagai wujud apresiasi kepada jasa keuagan yang mengikuti peraturan kami yang dibuat eberapa waktu lalu,” kata Tirta.

Dari 393 materi pariwara yang diterima panitia, hanya 151 materi yang lolos ke tahap penjurian. Tirta menyebut lebih dari 50 persen peserta yang mendaftar gugur lantaran tidak memenuhi kriteria.

Misalnya tidak mencantumkan ‘syarat dan ketentuan berlaku’, kalimat superlatif pada iklan dan tidak terdaftar dalam pengawasan OJK.

“Ajang ini diharapkan bisa mendorong sektor jasa keuangan untuk beriklan secara jujur dan tidak miss advertising,” lanjut dia.

Di tahap kedua penjurian dilakukan oleh para ahli dan praktisi yang mewakili dunia periklanan, akademisi, serta internal OJK. Tujuan dua kali penjurian ini untuk menilai kesesuaian iklan terhadap pedoman yang dibuat.

Tak hanya itu, iklan juga harus bisa memikat pasaran. Adapun empat aspek penjurian tahap kedua yakni aspek yang disampaikan iklan, Cara menyampaikan pesan, eksekusi (pengambilan gambar dan keseriusan antara ide dan hasilnya), dan engedment.

Adapun daftar Pemenang Pariwara Jasa Keuangan Terbaik Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

1. Media Massa Cetak Terbaik

– Bank Umum : PT Bank Mandiri dengan iklan Roppan Anniversary

– Fintech dan Pergadaian: PT Pegadaian (Persero) dengan iklan Kreasz‘ Origami Pasar Modal : PT Syajlendra Capital dengan ikIan #GoalsKamu

– Asuransi : PT Asuransi ASEI Indonesia dengan iklan Featured Product Asuransi Asei

– Lembaga Pembiayaan : PT Bussan Auto Finance dengan iklan #CiciMjadz’BAF uersi All Products

 

2. Media Luar Griya Terbaik

– Bank Umum : PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk dengan iklan bjb Etax PBB

– Fintech dan Pergadaian : PT. Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) dengan iklan Modalku KRL Commuterline #SemuaLayak (2)

– Perusahaan Asuransi : PT Asuransi Tri Pakarta dengan iklan SMART TRIPA Kini Asuransi ada di Genggaman Anda

 

3. Pariwara Media Online Terbaik

– Bank Umum : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan iklan BRImo

-Fintech dan Pergadaian : PT Pegadaian (Persero) dengan iklan Pegadaian Amanah

-Perusahaan Asuransi: PT AXA Mandiri Financial Services dengan iklan Localize Know You Can Campaign

 

Reporter: Anisyah Alfaqir

Sumber: Merdeka.com

KONTAK PERKASA FUTURES