Saham Cina Daratan yang ditransaksikan di Hong Kong naik, rebound dari penurunan terbesarnya dalam tiga minggu terakhir, terkait perusahaan keuangan naik. Saham China Everbright Ltd meningkat seiring rencana untuk merubah kepemilikan.

Sementara saham China Everbright naik sebesar 12 persen pasca mengatakan pusat perusahaannya yaitu China Everbright Group Ltd, akan menjadi sebuah perusahaan saham gabungan “BUMN.” Saham First Shanghai Invesments Ltd naik sebesar 17 persen terkait saham broker naik. Saham Anton Oilfield Services Group turun sebesar 4,5 persen pasca mengatakan proyeksi laba di semester pertama menurun.

Indeks saham Hang Seng China Enterprises saham Cina daratan yang ditransaksikan  di Hong Kong, juga dikenal sebagai indeks H-share, naik sebesar 1 persen ke level 11,088.20 pada istirahat perdagangan sesi 1 di Hong Kong. Saham turun sebesar 1,3 persen pada jumat kemarin, kerugian terbesar sejak 9 Juli lalu. Indeks Hang Seng naik sebesar 0,3 persen ke level 24,615.61 pada hari ini di tengah volume sebesar 33 persen dibawah dari RSI 30-hari.

Indeks H-share memasuki fase bullish pekan lalu pasca naik lebih dari 20 persen dari level terendahnya pada Maret kemarin terkait pihak otoritas bank sentral mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian di China dengan memotong persyaratan cadangan keuangan untuk beberapa bank kreditur dan melonggarkan pembatasan properti Indeks diperdagangkan sebanyak 7,6 kali estimasi laba pada penutupan terakhir dibandingkan dengan kelipatan sebesar 11,4 untuk Indeks Hang Seng dan 16,1 untuk Indeks Standard & Poor 500. (vck)

Sumber: Bloomberg