Indeks saham berjangka China naik pagi ini di tengah prospek reformasi BUMN oleh pemerintah China.

Kontrak pada Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan September naik 0,2 persen ke level 2,379.80. Saham PetroChina Co.diprediksi aktif. Perusahaan induknya berencana untuk menjual saham minyak dan ladang gas kepada investor lokal di Xinjiang, menurut pejabat perusahaan. Saham Zhe JiangDaily Media Groupdiprediksi naik setelah Xinhua News Agency mengutip Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa pemerintah Chinaberencana akan mendirikan beberapa kelompok media dengan kredibilitas yang tinggi dan berpengaruh.

Indeks Shanghai Composite naik 0,6 persen dan ditutup di level 2,239.47 kemarin, level tertinggi sejak 5 Desemberyang lalu. Indeks CSI 300 naik 0,6 persen menjadi 2,374.56. Indeks Hang Seng China Enterprises, atau indeks H-shares, melemah 0,4 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity naik 1,3 persen.

Presiden Xi berencana untuk mengatur distribusi pendapatan pada perusahaan milik negara, pemotongan gaji teratas, sebagai bagian dari kampanye anti-pemborosan dan anti-korupsi negara.

Pertemuan kemarin juga membahas rencana untuk membangun beberapa kelompok mediayang berpengaruh, dan perubahan pada sistem pemeriksaan dan pendaftaran nasional. Induk perusahaan dari PetroChina berencana untuk menjual saham mereka kepada investor di provinsi barat laut Xinjiang sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk membawa pertumbuhan dan pekerjaan ke wilayah bergejolak, kata dua pejabat perusahaan.

Induk BUMN China National Petroleum Corp., produsen minyak dan gas terbesar di negara tersebut, mencari mitra kerja dengan sekitar 10 miliar yuan (US $ 1,6 miliar) untuk berinvestasi dalam eksplorasi dan usaha produksi, menurut sumber.(frk)

Sumber: Bloomberg