KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Senin (12/11/2018), terseret oleh emiten teknologi dan tembakau.

Dilansir Reuters, indeks tertekan aksi jual saham teknologi menyusul sentimen dari emiten Jerman, Infineon dan SAP. Adapun emiten tembakau terpukul oleh tanda-tanda baru dari regulator AS yang mengetatkan aturan pada rokok mentol.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 1,01% atau 3,71 poin ke level 362,03, setelah bergerak pada kisaran 362,02-367,80.

Penurunan cepat ke zona merah menyoroti kerapuhan sentimen pasar di tengah kekhawatiran yang berkepanjangan tentang krisis anggaran Italia, kesepakatan Brexit, dan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS.

Berita bahwa Banca Carige memiliki sekitar 400 juta euro untuk mengisi lubang di basis modal juga menggarisbawahi kekhawatiran tentang kesehatan sektor perbankan di Italia.

Perdagangan saham emiten perbankan tersebut ditangguhkan sambil menunggu pengumuman lebih lanjut. Tepat sebelum pasar ditutup, Carige menyetujui tindakan senilai 400 juta euro, termasuk masalah obligasi subordinasi yang dapat dikonversi menjadi saham.

Indeks saham utama Italia turun 1 persen, menjelang batas waktu hari Selasa (13/11) bagi Roma untuk menyajikan versi revisi dari anggaran.

Sementara itu, sektor teknologi menjadi penekan sektoral terbesar dengan pelemahan 3,7%. Produsen chip Infineon dan SAP masing-masing turun 7,8% dan 5,6%.

Aksi jual saham Infineon terjadi bahkan setelah perusahaan merilis laporan keuangan yang lebih baik dari perkiraan di tengah kekhawatiran baru tentang perlambatan permintaan menyusul proyeksi penjualan yang mengecewakan dari Qualcomm dan Apple.

Adapun saham SAP merosot setelah perusahaan peranti lunak ini mengumumkan akuisisi perusahaan pelacak sentimen konsumen Qualtrics International sebesar US$8miliar, harga yang dianggap mahal oleh para pelaku pasar dan analis.

Saham Flughafen Zuerich turun 15% setelah perusahaan mengatakan pendapatan penerbangan bisa terpengaruh jika proposal dari Kantor Federal Penerbangan Sipil untuk memotong pembayaran transfer diberlakukan.

Sementara itu, emiten tembakau diguncang oleh laporan Wall Street Journal bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS berencana untuk memberlakukan larangan rokok mentol.

British American Tobacco turun sebanyak 11% ke level terendah sejak Februari 2014 dalam transaksi awal, sementara saham Imperial Brands turun 2,2%.

Tag : bursa eropa

KONTAK PERKASA FUTURES