Dolar sedikit lebih tinggi pada hari Senin, memperkuat kinerja terbaik bulanan sejak awal tahun karena investor bersiap untuk menunggu kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve, yang banyak diharapkan pada bulan Desember.

Indeks Dolar naik 0,2% pada hari ke level 100,16 akhir Senin di New York. Ini naik setinggi 100,31 pada awal sesi, level tertinggi sejak Maret.

Indeks tersebut naik 3,4% pada bulan November, kinerja bulanan tertajam sejak naiik sebanyak 5% pada Januari, menurut data FactSet.

Pound Inggris diperdagangkan lebih tinggi Senin setelah pembacaan yang kuat pada pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga di Inggris Tapi mata uang turun 2,4% terhadap dolar pada bulan November, sebagian besar disebabkan komentar ketua ekonom Bank of Inggris Andy Haldane, yang mengatakan Inggris tidak membutuhkan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Pound diperdagangkan pada $ 1,5059 Senin, dibandingkan dengan $ 1,5032 pada akhir Jumat.

Yen turun 2% dari nilai pada bulan November, didorong lebih rendah oleh komentar dari pembuat kebijakan The Fed. Satu dolar dibeli ¥ 123,08 Senin, dibandingkan dengan ¥ 122,76 akhir Jumat.

Dalam perdagangan mata uang lain, yuan China diperdagangkan lebih tinggi pada Senin setelah IMF memutuskan untuk menambah mata uang, yang juga dikenal sebagai renminbi. Satu dolar dibeli sebesar 6,43 yuan pada akhir Senin.(yds)

Sumber: MarketWatch