PT Kontak Perkasa  – Tampilan mewah dan elegan mobil small crossover MPV Mitsubishi XM Concept menimbulkan pertanyaan, apakah mobil ini layak disejajarkan dengan small MPV lain yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia. Selain itu, desain mobil tersebut kental aroma crossover-nya.

Mengomentari hal ini, Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Tsunehiro Kunimoto menjelaskan bahwa desain tersebut merepresentasikan keinginan konsumen small MPV di Indonesia.

Jadi saya sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia, dan sudah bertemu dan berbicara dengan beberapa konsumen small MPV di sini. Saya menanyakan apa harapan mereka serta tentunya melakukan riset sendiri untuk menangkap apa ekspektasi mereka terhadap sebuah small MPV. Ada jawaban bahwa konsumen menginginkan sesuatu yang lebih tinggi yang sebelumnya belum pernah dirasakan pada produk yang ada di Indonesia. Mereka lebih menginginkan produk high class, lebih luxurious, lebih nyaman, dan sebagainya. Jadi saya yakin karena itu diambil dari masukan konsumen maka produk ini akan diterima oleh masyarakat Indonesia, terang Kunimoto di booth Mitsubishi Motors, ICE, BSD City, Kamis 11 Agustus 2016.

Soal rasa ‘SUV’ di mobil XM Concept, ia menerangkan bahwa DNA SUV memang menjadi identitas produk Mitsubishi dari masa ke masa. Hal ini yang dilihatnya sebagai nilai lebih atau bonus pada produk small crossover MPV ini.

Lebih lanjut ia menerangkan, desain mobil SUV terus mengalami perkembangan. Jika dulu mobil SUV cenderung kaku yakni berbentuk persegi atau kotak, maka setelah dikombinasikan dengan desain model lain, tampilannya lebih elegan.

“Dulu waktu keluar pertama, SUV berbentuk squere dan boxy, lalu dikembangkan lagi. Seiring berjalannya waktu menjadi bentuk crossover. Kemudian di-blending lagi dengan bentuk sedan sehingga bisa membuat SUV dalam bentuk coupe. Jadi pasar SUV sendiri sekarang sudah berkembang luas. Sama seperti Indonesia, fungsionalitasi dari minivan atau MPV yang dibutuhkan oleh konsumen tetap memiliki fungsionalitas MPV namun ditambah atau ada bonus dengan bodi yang lebih kuat, bisa memberikan proteksi terhadap penumpang, lalu memiliki efek desain yang memberikan kesan kendaraan yang kuat dan tangguh,” papar pria yang pernah menjabat sebagai Vice President Nissan Design America itu.

Interior Mitsubishi XM Concept tetap mengusung desain mobil keluarga. Aroma kemewahan sangat kentara di dalamnya. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan warna gading serta desain dasbor yang tuas transmisi. Sementara eksteriornya terlihat kokoh dan elegan dilihat dari depan, samping, dan belakang.

Model produksi Mitsubishi XM Concept akan diproduksi dan dijual pada akhir 2017 di Indonesia. Diharapkan Mitsubishi XM Concept yang sudah lebih mendekati model produksi akan ditampilkan di GIIAS 2017. PT Kontak Perkasa